Cara Instal Drupal

Cara Install Drupal - Sebagai pengguna setia drupal saya berbagi pengalaman tentang bagaimana cara install cms drupal. Kita dapat menggunakan CMS Drupal untuk membuat website secara cepat. Disini saya menggunakan drupal 7 sebagai contoh. Nah bagi yang baru dengar kata drupal dan bertanya-tanya tentang apa itu drupal dapat langsung search di om google ya heheh.

Untuk menginstal CMS Drupal kita hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja namun sebelumnya kita harus mempersiapkan aplikasi seperti xampp untuk webserver. Pertama-tama download cms drupal disini kemudian ekstrak file drupal dan tempatkan di folder C > xampp >htdocs dan rename folder drupal 7 menjadi drupalku.

Sebelum melanjutkan penginstalan buat sebuah database untuk drupal. buka browser dan ketikkan localhost/phpmyadmin dan buat database dengan nama drupalku.

lanjut tahap pertama penginstalan drupal, buka browser dan ketikkan localhost/drupalku kemudian enter dan akan muncul tampilan pertama tahap instalasi drupal. pilih profil standart kemudian klik save and continue. pada pilihan bahasa pilih english dan klik save and continue.

Selanjutnya pada tampilan Database Configuration, database type pilih mysql, mariadb or equivalent, database name isi dengan nama database yang telah dibuat tadi yaitu drupalku, database username isikan dengan root password biarkan kosong dan kemudian klik save and continue. Proses instalasi sedang berjalan.


Setelah proses instalasi telah selesai, tinggal mengkonfigurasi site drupal. Site name isi dengan nama site kita contoh drupalku, site e-mail address isi dengan alamat email, username isi dengan admin, password isi sesuai dengan keinginan dan yang terakhir dafault country isi dengan indonesia dengan timezone sesuai daerah masing-masing kemudian klik save and continue.

tampilan akhir dari instalasi drupal. untuk memperlengkap fitur-fitur dalam cms drupal kita tinggal menambahkan modul-modul drupal.


0 Response to "Cara Instal Drupal"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini