Cara Install Modul di CMS Drupal

Untuk meningkatkan performa drupal, kita perlu melakukan instalasi beberapa modul. Adapun cara install modul drupal akan saya bahas di tutorial kali ini. Menginstal Modul pada drupal tidaklah begitu rumit, kita hanya menempatkan modul tersebut ke dalam folder modul yang telah disediakan di folder utama drupal dan tinggal mengaktifkannya pada administrator.


Pada contoh kali ini kita akan belajar install modul pathauto yang berfungsi untuk merubah alamat url website sesuai dengan nama judul artikel yang kita buat. Namun dalam penginstalan modul pathauto kita memerlukan modul bantuan yaitu modul token. Jika module token tidak terinstal maka modul pathauto juga tidak bisa dilakukan instalasi.

Download modul pathauto dan modul token di web drupal. Ekstrak modul tersebut dan tempatkan kedalam folder modules yang berada pada c://xamp/htdocs/drupalku/sites/all/modules. Buka browser ketikan alamat url web drupal anda dan  Login dengan menggunakan user admin pada web drupal klik menu modules cari modul token dan pathauto kemudian centang kedua modul tersebut dan klik save configuration.


Setelah itu untuk menguji apakah modul pathauto sudah terinstal, cobalah untuk membuat sebuah artikel dengan judul sesuai dengan keinginan kemudian save. Buka artikel tersebut dan cek url yang ada pada address url browser, jika url browser sudah sesuai dengan nama artikel yang anda buat, berarti modul pathauto telah berhasil terinstal.


sampai disini kita telah selesai menginstall modul pathauto. Dan untuk menginstal modul-modul lain di drupal prosesnya sama dengan cara diatas, Tinggal settingan ataupun konfigurasi modul yang berbeda-beda sesuai dengan jenis modul itu sendiri.

6 Responses to "Cara Install Modul di CMS Drupal"

  1. Gan, saya mau tanya :
    bagaimana caranya menambahkan alamat url artikel dari blog lain ? soalnya setiap url yang terbentuk selalu hanya berupa title saja,di sosbok mohon pencerahannya gan, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. modul ctools dan views nya gak bisa di instal itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. Mas,,,,saya mau bertanya kalau modul ctools dan views nya gak bisa di instal itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  4. Terimakasih,,,akhirnya saya menemukan juga cara merubah alamat url website sesuai dengan nama judul artikel yang kita buat.Sukses terus webnya.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini