Memasang Comment Facebook Pada Postingan Blogger

komentar facebook pada blogCara membuat kotak komentar facebook di blogger – kali ini saya akan membahas bagaimana cara menambahkan komentar facebook pada postingan di blogger. Komentar facebook pada postingan ini sebenarnya agar mempermudah pengunjung memberikan komentar pada postingan blog kita. Karena rata-rata pengguna internet sudah memiliki account facebook.


Selain mempermudah pengunjung untuk memberikan komentar, kotak komentar juga ini dapat menambahkan traffic pada blog yang berasal dari facebook, dimana di ketahui pengguna facebook sudah sangat banyak.

Saya pernah mencari referensi di google tentang bagaimana cara menambahkan kotak komentar facebook pada tiap postingan blog, namun saya merasa kesulitan dalam penerapannya walaupun pada akhirnya selesai juga. Oke dari pada banyak basa basi mendingan kita langsung saja mulai langkah langkahnya J sebagai contoh lihat gambar dibawah, saya memasang kotak komentar facebook tepat diatas kotak komentar standar bloger

jika sobat ingin membuat komentar facebook yang berdampingan dengan komentar blog seperti yang ane gunakan di blog ini dapat lihat tutorialnya disini

Masuk ke akun bloger anda, kemudian klik blog yang akan dipasangkan kotak komentar facebook. Pilih menu template dan klik edit html. Karena disini saya memasang kotak komentar facebook tepat diatas kotak komentar bloger dan dibawah postingan, maka saya akan menempatkan code comment facebook tepat ditengah-tengah antara postingan blog dan komentar standar blog, caranya tekan CTRL + F kemudian ketikan <data:post.body/>. Kita akan menemukan beberapa tag <data:post.body/> namun di template saya, saya mencari tag <data:post.body/> yang paling bawah, nah pada awalnya disini saya selalu gagal dalam penempatan code comment facebook hingga akhirnya saya memilih tag <data:post.body/> yang berada paling bawah. Awalnya saya menempatkan codenya pas dibawah tag <data:post.body/> namun tampilan kotak komentar facebook berada diatas  artikel terkait dan tombol share button (lihat no 1 pada gambar dibawah). Yang saya inginkan adalah komentar facebook tersebut tepat diatas komentar standar bloger, sehingga tampilannya lebih menarik (no 3 pada gambar)

facebook comment blog


Nah agar tampilan komentar facebook berada di no 3 contoh gambar diatas, saya menempatkan code comment facebook dibawah tag <data:post.body/> tapi lebih tepatnya diatas code komentar standar bloger, copy code comment facebook dibawah ini 

lihat contoh gambar dibawah ini

comment facebook bloger

Pada gambar yang diatas angka 1 menunjukan no 4 pada gambar pertama yang diatas yaitu home dan older post, jadi saya menempatkan code commentar facebook  tepat dibawah no 1 yaitu pada no 2. Sehingga kotak komentar facebook tepat berada antara navigasi home older post dan komentar standar bloger.

Contoh diatas merupakan contoh pada template blog saya , tetapi mudah-mudahan bisa menjadi referensi bagi sobat bloger untuk menambahkan komentar facebook pada postingan artikel. Pada saat saya mencoba cara diatas, sebenarnya saya sempat mengalami beberapa kegagalan, namun saya mencoba memindahkan code facebook comment diatas sehingga pas diatas komentar standar bloger.

Lihat tutorialnya di youtube



Selamat mencoba CMIIW 

7 Responses to "Memasang Comment Facebook Pada Postingan Blogger"

  1. tutorial yang menarik menggunakan gambar dan video
    kapan kapan ane terapkan di blog ane facebook comment nya gan !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan,,,silahkan dicoba,,,n semoga berhasil ^^

      Delete
  2. Kalau pasang kotak komentar kayak punya agan ini gimana gan??
    ...FB vs Blogger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel baru ane gan,,,,udah ane tulis tutorialnya

      Delete

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini