Membuat Kategori pada Drupal

cara membuat kategori di cms drupal
Cara membuat kategori di cms drupal. Untuk tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat kategori di drupal. Istilah kategori pada cms drupal adalah taxonomy. Kategori ini sangat berguna untuk mengelompokan artikel-artikel yang kita buat, sehingga memudahkan pengunjung untuk mengakses artikel yang mempunyai kategori sama. Kategori default bawaan pada cms drupal adalah tags, yang sudah tersedia ketika kita akan membuat sebuah artikel baru.

Kategori tags  ini dapat kita rubah namanya sesuai dengan keinginan kita, namun sebelumnya saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat kategori atau taxonomy baru pada drupal.

Langkah – langkah membuat kategori atau taxonomy pada drupal. Contoh kita akan membuat kategori dengan nama olah raga dan bagian-bagiannya adalah bola, bulutangkis, basket dll. Pertama-tama masuk halaman administrator pada drupal. Klik structure dan pilih taxonomy. Kemudian klik add vocabulary untuk menambahkan kategori. Name isi dengan olahraga dan description isi dengan kategori berdasarkan olahraga kemudian klik save.

kategori drupal

Sekarang kita akan menambahkan bagian bagian kategori olah raga dengan cara klik add terms, kemudian pada pilihan name masukkan kata ‘bola’ dan descriptionnya masukkan kalimat ‘kategori berdasarkan bola’. Untuk menambahkan kategori olahraga lain seperti bulutangkis dan basket sama prosesnya ketika kita akan menambahkan kategori bola.

kategori drupal



Nah sampai pada tahap ini kita sudah dapat membuat kategori pada drupal. Sekarang kita coba untuk merubah nama kategori tags, sebagai contoh kategori tags akan saya rubah menjadi kategori ‘kota’. Masih dalam tampilan taxonomy. Klik edit vocabulary pada kategori tags dan rubah name-nya menjadi kota dan deskripsinya ‘kategori berdasarkan nama kota’.

semoga membantu :) . CMIIW

0 Response to "Membuat Kategori pada Drupal"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini