Mengatur Hasil Print Out Pada Microsoft Excel

Cara mengatur tampilan print out pada Microsoft excel. Pada Ms Excel untuk mengatur tampilan print outnya kita harus menggunakan cara-cara tersendiri, beda dengan pada ms word yang sudah mempunyai garis batas print outnya. Kadang kita membuat lembar kerja yang lumayan panjang sehingga ketika pada saat melihat print outnya, hasilnya tidak semua masuk pada lembar print out, atau tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Nah bagaimana kita mengatur agar tampilan print outnya sesua dengan ukuran kertas yang digunakan, coba ikut tips tips berikut :
Buka lembar kerja ms excel yang ingin anda ubah tampilan print outnya, kemudian klik office button – print – print priview. Lihat hasil contoh print out dengan lembar kerja yang saya buat dibawah ini :

Jumlah kolom 7 dari kolom A sampai G

Jumlah Baris 31 baris
Permasalahannya adalah, saya ingin agar tampilan print outnya berbentuk landscape dengan semua kolom yang saya buat masuk dalam satu lembar kerja dengan ukuran kertas A4
Pertama pada tampilan print priview, klik menu page setup ketika muncul jendela page setup, pada menu page, orientation ganti menjadi landscape. Paper size ganti dengan ukuran kertas A4 kemudian klik OK



Ukuran print priview berubah menjadi landscape, namun tidak semua kolom masuk ke dalam lembar kerja ukuran kertas A4.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan kolom yang tidak masuk dalam lembar kerja yaitu kolom 6. Pertama Close print priview, pada tampilan normal ms excel ubah viewnya menjadi model Page Break Priview dengan cara klik menu view kemudian klik Page Break Priview


Pada tampilan page break priview, perhatikan garis putus-putus warna biru yang menjadi batas antara kolom 5 dan kolom 6. Garis tersebutlah batas dari print out sehingga kolom yang berada diluar garis tidak akan masuk dalam satu lembar kerja, tetapi akan membuat lembar kerja baru pada saat dilakukan print.



Tarik garis putus-putus tersebut sampai batas antara kolom 6 dan kolom 7 atau antara kolom G dan H. Jika sudah, kembalikan tampilan excel ke Normal dengan cara klik menu View – Normal. Untuk membuktikan apakah kolom 6 sudah masuk dalam satu lembar print out, cek pada tampilan print priviewnya.

Office Button – print – print priview 




Hasil akhir mengatur Print Out Pada Microsoft Excel
semoga membantu :)

2 Responses to "Mengatur Hasil Print Out Pada Microsoft Excel"

  1. kalau mau copy rumus dari excel gimana min caranya? jumlah rumusnya ckup banyak soalnya..

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih Informasinya mengenai mengatur hasil print out di microsoft word
    informasi yang sangat membantu :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini