Menginstal Modul CKEDITOR di DRUPAL

Tutorial cara instal modul CKEditor di drupal – menambahkan ckeditor pada drupal sama halnya dengan cara menginstal modul lain pada drupal, hanya kita harus menambahkan file file ckeditor yang di download pada situs resminya dan biasanya hal ini yang terlewatkan. Disinilah letak kesalahan pada saat pertama kali instal modul ini dan saya pun pernah mengalaminya.

Sebelum kita memulai cara menginstal modul ckeditor pada drupal, kita siapkan dulu modul dan file ckeditor. Pertama download modul ckeditor untuk drupal disni, dan file ckeditornya disitus resmi ckeditor disini.

Langkah –langkah penginstalan modul ckeditor :
  1. Ekstrak file ckeditor yang di download di situs drupal copy dan tempatkan pada folder modules yang ada pada c > xamp > htdocs > freezon (atau nama site drupal anda) > sites > all > modules. Dan aktifkan modul pada menu modules yang ada pada halaman administrator. jika masih bingung cara instal modul di drupal dapat mengikuti panduan cara instal modul di drupal 
  2.  Setelah berhasil mengaktifkan modul ckeditor, kemudian ekstrak file ckeditor yang di download di situs ckeditor dan tempatkan pada folder ckeditor yang ada didalam folder modul ckeditor untuk drupal.

Jika sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, kembali ke home dengan mengklik menu home, kemudian klik add content dan pilih content artikel. Perhatikan pada bagian body jika sudah muncul beberapa teks editor, berarti penginstalan modul ckeditor telah berhasil.

Satu lagi hal yang perlu di ketahui dalam penggunaan modul ini , yaitu ketika akan membuat sebuah artikel, text format yang berada tepat dibawah body diganti dengan mode full html agar supaya artikel yang di edit bisa tampil sempurna. Namun karena secara default mode text formatnya adalah filtered html, kita dapat merubahnya agar selalu menjadi full html dengan cara, klik menu configurasi cari CONTENT AUTHORING dan klik menu text formats, kemudian geser full html pada urutan pertama.


0 Response to "Menginstal Modul CKEDITOR di DRUPAL"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini