Pengenalan Block - Dasar-dasar Drupal

region block drupal
region tema bartik pada cms drupal
Pengenalan block pada drupal. Block di drupal sama halnya dengan widget pada bloger. Di drupal block terbentuk dari dua cara, yaitu block yang dibuat sendiri atau dibuat secara manual dan block yang otomatis tercipta dari  module-module drupal ataupun settingan lain pada drupal.  Block yang dibuat dapat ditempatkan di region tema drupal.


Untuk mengenal lebih jauh block drupal, saya akan membahas bagian bagian dari menu blocks. Agar lebih paham, klik menu structure dan pilih blocks. Maka akan tampil jendela baru, pada tampilan jendela tersebut terdapat menu Demonstrate block regions (Bartik). Mengapa yang didalam kurung adalah kata Bartik? Ya karena disini tema default web saya adalah tema bartik. Jika kita klik link demonstrate block regions (Bartik) maka kita akan melihat region-region tema bartik. Region-region inilah tempat dimana nanti block ditempatkan. Jika kita akan menambahkan atau membuat block sendiri dapat dengan mengklik menu add block.


Dibawah itu terdapat nama block region dan operations seperti contoh dibawah ini 

pengenalan block pada drupal

Nomor 1 pada gambar diatas menunjukan nama block yang ada baik block standar drupal ataupun block yang telah dibuat. Nomor 2 merupakan penempatan block, jika berstatus none berarti block tersebut disable atau tidak akan tampil, disinilah tempat dimana kita dapat mengatur penempatan sebuah block.  Gambar 3 adalah konfigurasi block dan jika di klik akan muncul settingan seperti di bawah ini :

fungsi block pada drupal

Keterangan gambar diatas :
Pages – menampilkan block pada semua halaman atau halaman tertentu saja, jika pada halaman tertentu pilih pilihan only the listed pages dan masukkan alamat halaman yang akan ditampilkan block
Content types – menampilkan block pada jenis konten type atau jenis artikel tertentu
Roles – menampilkan block berdasarkan status user
Users – memberikan hak akses user untuk melakukan edit pada block tersebut

Itulah penjelasan singkat mengenai block pada drupal, contoh penggunaan block adalah ketika kita akan menempatkan sebuah iklan, hal ini tidak bedah jauh dengan widget yang ada pada bloger

3 Responses to "Pengenalan Block - Dasar-dasar Drupal"

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini