Melakukan Perbandingan dengan Mengambil Karakter Angka Pada Text di MS Excel

Cara Mengambil karakter angka yang berada pada teks untuk dilakukan perbandingan pada MS Excel. Satu lagi fungsi pada ms excel yang masih sangat jarang digunakan. Yaitu fungsi ketika kita mengambil angka yang berada pada teks untuk dilakukan perbandingan. Sebenarnya saya hanya mengenal fungsi-fungsi rumus biasa seperti perhitungan pada excel tapi belum mengetahui cara konversi angka yang diambil dari text tertentu seperti kata SP35OR. kita akan mengambil angka yang berada pada text tersebut untuk dilakukan perbandingan.

Permasalahannya adalah ketika saya mengambil angka tersebut untuk dilakukan perbandingan, perbandingan tersebut selalu gagal. Saya sudah mencoba merubahnya kedalam bentuk format number, tetapi rumus yang saya terapkan tetap tidak berjalan. Namun jika dilakukan perhitungan biasa seperti penambahan, rumus dapat berjalan dengan baik


Sebagai contoh kita buat kasus seperti di bawah ini :

konversi text menjadi angka pada ms excel

Penjelasan :

Kolom Angka – Mengambil angka yang berada pada kolom KODE, Fungsi Rumus =MID(A3,3,2)

Kolom Perbandingan – Jika Angka diatas 30 maka hasilnya Senior dan jika dibawah 30 maka hasilnya junior, Fungsi Rumus =IF(B3>30,”Senior”,”Junior”)

Kolom Penambahan – Setiap Angka ditambahkan 10, Fungsi Rumus =B3+10

Isilah kolom-kolom diatas dengan menggunakan rumus dengan mengikuti penjelasan diatas, dan lihat hasilnya, apakah semua rumus berfungsi dengan baik? Rumus apakah yang tidak berfungsi dengan baik? Hasil penggunaan rumus yang saya gunakan


perbandingan dengan mengambil karakter angka pada ms excel

Mulanya saya mengalami kendala pada rumus perbandingan, rumus yang saya gunakan tidak sesuai dengan perbandingan pada kolom angka, hasil yang saya dapatkan pada semua kolom adalah kata SENIOR, padahal seharusnya baris 2 dan baris 3 berisi JUNIOR. Sedangkan rumus yang berada pada kolom PENAMBAHAN berjalan dengan baik. Rumus yang ada pada kolom PERBANDINGAN bekerja ketika saya mengisi kolom angka secara manual tapi tidak bekerja ketika kolom angka berupa rumus. Ya mungkin sebagian orang sudah pada tahu permasalahan pada rumus ini, namun bagi yang masih belajar ms excel belum mengetahui cara konversi ke angka, agar perbandingan berjalan lancar.

Untuk mengkonversinya agar berjalan pada fungsi rumus perbandingan adalah dengan menambahkan karakter -- pada rumus yang ada pada kolom angka, contoh =--MID(A3,3,2) contoh :

perbandingan karakter angka dalam text di ms excel

Setelah menambahkan karakter -- hasil dari rumus pada kolom PERBANDINGAN berjalan dengan normal.

Itulah cara konversi angka untuk digunakan pada rumus perbandingan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Melakukan Perbandingan dengan Mengambil Karakter Angka Pada Text di MS Excel"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini