Cara Reset Mikrotik RB750GL

Cara reset mikrotik rb750gl. Bagi Pemula yang biasa menggunakan mikrotik kata reset mikrotik mungkin sudah tidak asing lagi ya heheh. Seperti yang saya lakukan ketika mempelajari settingan yang ada pada mikrotik dan ketika penerapannya langsung ke jaringan saya sering melakukan reset mikrotik karena kesalahan settingan :D maklumlah masih newbie dalam hal setting mikrotik.

Pada beberapa tipe mikrotik terdapat tombol reset yang ada disamping colokkan power atau sejajar dengan port-port mikrotik. Namun ada juga beberapa tipe yang tombol resetnya berada dalam casing mikrotik salah satu contohnya adalah RB433AH, sehingga pada saat akan dilakukan reset kita harus membuka casing mikrotik terlebih dahulu. Berhubung mikrotik ane adalah RB750GL yang tombol resetnya tepat disamping colokkan power jadi sangat mudah untuk melakukan reset. Pada penerapannya untuk reset, semua tipe mikrotik sama saja.

Langkah-langkah untuk reset mikrotik

1. Buka semua kabel yang terhubung dengan mikrotik, baik itu kabel lan maupun kabel power. Carilah pengungkit kecil untuk digunakan menekan tombol reset mikrotik, biasanya saya menggunakan kawat atau jarum suntik yang ujungnya rata.

2. Tekan tombol reset dengan pengungkit dan tahan, kemudian colok kabel power mikrotik hingga mikrotik mendapat asupan listrik, dalam keadaan ini tombol reset masih di tekan. Jangan sampai tombol reset terlepas karena proses reset akan gagal dan harus di ulangi dari awal.

3. Perhatikan lampu Led indicator ACT akan berkedap kedip, tetap pertahankan tombol reset sampai lampu indicator LED ACT tersebut padam.

4. Setelah lampu LED ACT Padam, jangan melepas tombol reset dulu. Sekarang perhatikan lampu indicator dari port Ethernet jika port mikrotik ada 5 maka lampu indicator LED Port juga ada lima, lampu tersebut akan menyala sebentar kemudian padam. Setelah itu cabut colokkan kabel power mikrotik dan lepas tombol reset.

5. Colok kembali kabel power mikrotik untuk menghidupkan kembali mikrotik. Jika tahap reset yang dilakukan sudah benar, maka mikrotik telah tereset dan dalam konfigurasi awal.


Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Reset Mikrotik RB750GL"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini