fbpx

Cara Install NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) Secara Offline di windows 8

Menginstal NET framework 3.5 (include NET framework 3.0 and NET framework 2.0) di windows 8 secara offline. Kemarin saya mencoba untuk menginstal aplikasi editing video di laptop yang berbasis windows 8, namun pada saat proses penginstalan aplikasi tersebut meminta agar menginstal terlebih dahulu net framework 3.5. saya coba menginstal dengan menggunakan master netframework 3.5 yang ada di laptop namun selalu saja gagal. Sebenarnya aplikasi ini bisa diinstal secara online tapi ya berhubung jaringan lemot dan sesuatu hal, maka saya mencoba untuk menginstal secara offline.

Untuk menginstal net framework secara offline kita harus menyiapkan CD Instalasi Win 8 atau file ISO Win 8. Masukkan CD Instalasi ke dalam Cd room computer, jika hanya punya file ISO win 8 dapat menggunakan program virtual cd room semacam DAEMON TOOLS LITE kemudian mount file iso win 8.

Baca Juga : Penyebab Error 1935 Pada Saat Instal Office 2007, 2010 dan 2013

Setelah memasukkan cd win 8 bukan command promt atau cmd dan jalankan sebagai administrator dengan cara klik kanan dan run as administrator.
Kemudian kita akan mengcopy folder sxs yang ada dalam kaset instalasi windows 8 dalam forder sources dengan menggunakan command promt (cmd)
Cara Install NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) Secara Offline
Ketikkan “xcopy G:sourcessxs*.* c:sxs /s ” tanpa tanda petik kemudian tekan enter dan akan muncul pilihan untuk mengcopy file atau folder, jadi tekan D untuk memilih directory kemudian enter. G disini adalah drive G Cdroom laptop ane, ganti dengan yang lain jika drive cd room sobat berbeda. Tunggu hingga proses pengcopian selesai. Maksud dari command ini adalah mengcopy file sxs yang ada di g:sourcessxs dan ditempatkan di folder c:sxs.


Enable feature NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) Secara Offline
Setelah proses copy folder sxs selesai, saatnya kita akan menginstal fitur net framework 3.5. masih dalam jendela tampilan command prompt. Ketikkan “dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Source:C:sxs /LimitAccess” kemudian enter. tunggu hingga proses instalasi fitur net framework 3 sampai 100%
Jika terjadi error 87 coba perhatikan perintah yang anda ketikkan di command prompt. Jika perintah yang anda ketikkan sudah benar, namun masih error, perhatikan juga spasi pada penulisan, mungkin ada yang terlupa.

cara enable feature net framework 3.5 di windows 8
Sampai disini proses instalasi net framework 3.5 telah selesai. Sobat bisa melihat feature netframework 3.5 telah aktif di control panel – program and features dan klik turn windows features on or off.
cara install net framework 3.5 include net 2 di windows 8
Nb: mungkin ada yang bertanya mengapa kita harus mengcopy file sxs ke dalam folder C kan bisa tulis langsung  command “dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Sources:G:sourcessxs /LimitAccess” langsung menuju file G:sourcessxs dalam kaset win 8. Saya sudah mencoba cara ini tapi selalu muncul error pada proses instalasi. Proses hanya berhenti pada  65% dan mendapat error:0x800f081f

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara instal net framework 3 5 include windows 7В какой папке находится framework