Membuat Animasi Masking Menggunakan Adobe Flash

tutorial cara membuat animasi masking dengan adobe flash cs6Cara membuat animasi masking menggunakan adobe flash. Kali ini kita akan membuat animasi masking dengan menggunakan adobe flash. Animasi masking adalah animasi yang menampilkan objek yang tertutup dan menyembunyikan objek  yang terbuka. untuk lebih jelasnya ikuti tutorialnya dibawah ini

Langkah-langkah membuat animasi masking dengan menggunakan adobe flash :

1. Buat lembar kerja baru dengan menekan CTRL +  N dan tentukan ukuran lembar kerja sesuai dengan yang diinginkan. Sebagai contoh disni saya menggunakan ukuran 250px x 250px.


2.Ubah Nama Layer Menjadi Tls Merah dan Buat sebuah tulisan, disini terserah sobat mau tulis kata-kata apa. Kata-kata mutiara, kata-kata galau ataupun kata-kata percintaan :D

belajar animasi masking - adobe flash cs6

3. Setelah selesai membuat sebuah tulisan pada layer Tls Merah, klik kanan layer tersebut dan pilih duplicat layer, sehingga muncul layer hasil duplicat dari layer Tls Merah. Ubah nama layer hasil duplicat menjadi Tls Hijau dan ganti background tulisan yang awalnya merah menjadi hijau pada layer Tls Hijau.

Jadi disini sudah terdapat dua layer dengan tulisan yang sama tapi berbeda warnah, layer Tls Hijau Tulisan dengan warna hijau dan layer Tls Merah dengan tulisan yang berwarna merah.

membuat animasi menggunakan adobe flash

Kemudian kita akan memperpanjang frame dari layer Tls Hijau dan Tls Merah dengan cara klik layer Tls Hijau dan klik kanan pada frame 30 dan pilih insert keyframe. Lakukan hal yang sama pada layer Tls Merah, sehingga tampak seperti contoh gambar diatas.

membuat animasi masking adobe flash

Langkah selanjutnya yaitu membuat sebuah layer baru bernama kotak, klik pada frame 1 dan buat sebuah kotak tepat disamping tulisan dengan menggunakan Rectangle Tools (no 1 pada gambar) sehingga hasilnya seperti pada no 2.

Klik kanan frame 1 layer kotak (no 3) dan pilih Create Classic Tween
Klik kanan frame 30 kemudian pilih insert keyframe untuk membatasi gerak objek sesuai dengan layer yang lain.

Selanjutnya perpanjang objek kotak dengan klik free transform tool (no 5)sampai menutupi dan melewati objek tulisan. Gunakan tombol ALT + Klik agar perpanjangan objek hanya pada satu sisi saja seperti contoh dibawah ini. Ingat pada saat melakukan perubaha objek kotak posisi frame yang aktif berada pada frame 30 (no1)

tutorial membuat animasi masking - adobe flash

Langkah terakhir yaitu tinggal menambahkan effek mask pada layer Tls Hijau dengan cara klik kanan pada layer Tls Hijau dan klik MASK.

Untuk melihat hasil animasi masking, gunakan CTRL + Enter

Selamat mencoba

Download file SWF nya DISINI

0 Response to "Membuat Animasi Masking Menggunakan Adobe Flash"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini