Cara Menggunakan Rumus AND Perbandingan di Ms Excel

Cara menggunakan fungsi rumus AND Perbandingan di ms Excel. Fungsi rumus AND digunakan untuk membandingkan dua buah pernyataan atau lebih dan proses hasil akan terlaksana apabila semua syarat terpenuhi. Sebagai contoh lihat pernyataan dibawah ini :

“Seorang murid akan dinyatakan LULUS jika Nilai Matematika dan Bahasa Indonesia diatas 70”

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa seorang murid harus mempunyai nilai Matematika dan Bahasa Indonesia diatas 70 jika salah satu nilai saja dibawah 70 maka akan dinyatakan tidak LULUS.

Penggunaan fungsi rumus AND biasanya harus digabungkan dengan rumus Perbandingan IF. Untuk mengerjakan contoh pernyataan diatas buatlah sebuah table seperti contoh dibawah ini :

cara menggunakan rumus AND ms Excel

Untuk mendapatkan hasil pada kolom keterangan kita menggunakan fungsi AND dengan penggabungan dari fungsi IF.

Contoh penulisan rumus pada kolom keterangan

=IF(AND(C5>=70,D5>=70),”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

Ket rumus :
Jika nilai Matematika (cell C5) lebih besar atau sama dengan 70 dan nilai Bhs Indonesia (cell D5) lebih besar atau sama dengan 70 maka dinyatakan LULUS jika nilai Matematika dan Bahasa Indonesia tidak memenuhi syarat diatas 70 maka dinyatakan tidak lulus.

Dari hasil keterangan pada contoh diatas terdapat 3 murid yang dinyatakan tidak lulus karena salah satu mata pelajaran tidak memenuhi syarat yaitu dibawah 70.

Dari contoh diatas semoga kita sudah mengerti tentang bagaimana penggunaan rumus AND pada Ms excel.
Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Menggunakan Rumus AND Perbandingan di Ms Excel"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini