Aplikasi Lightshot Mempermudah Screenshot Desktop

aplikasi lihgtshot untuk screen capture desktopAplikasi ScreenShot Desktop Lightshot. Screen Capture, Screenshot atau print screen adalah istilah yang biasa kita gunakan untuk menampilkan gambar hasil rekaman dari desktop atau layar computer. Penggunaan fungsi print screen ini biasanya kita gunakan pada saat merekam tampilan desktop seperti pada saat membuat tutorial ataupun ada error pada aplikasi maupun windows dan kemudian dijadikan dalam bentuk gambar.

Pada dasarnya penggunaan print screen atau screenshot pada computer sudah ada, tinggal menekan tombol PrtSc (PrintScreen) pada keyboard kita sudah dapat merekam tampilan desktop. Namun kekurangannya adalah kita harus paste hasil print screen ke aplikasi lain seperti paint, office, photosop dan lain lain untuk menjadikannya kedalam bentuk gambar.

Baca Juga : Aplikasi Membuat Video Tutorial Dengan Camtasia

Namun kali ini saya akan memperkenalkan salah satu aplikasi screenshot yang dapat mempermudah dalam merekam tampilan desktop sobat. Yaitu aplikasi Lightshot. Dengan menggunakan aplikasi ini kita dipermudah dalam merekam tampilan desktop. Fitur yang ada pada aplikasi ini adalah kita dapat menentukan ukuran lebar dan panjang bagian desktop computer yang akan di rekam dan dijadikan gambar. Selain itu kita dapat menambahkan gari bantu seperti tanda panah, membuat kotak bantu, menambahkan tulisan dan  lain sebagainya. Dan hasilnya bisa langsung disave tanpa melakukan paste ke aplikasi lain. Selain itu kita bisa langsung share hasil print ke internet. Saya juga menggunakan aplikasi ini untuk membuat gambar tutorial di blog ini.


Untuk menggunakan aplikasi ini dapat di download disini. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac. Lakukan penginstalan aplikasi lightshot seperti biasa. Jika selesai menginstal maka secara otomatis ketika kita menekan tombol PrtSc pada keyboard fungsi print screen sudah dialihkan ke aplikasi ini. Contoh hasil print screen dengan menggunakan lighshot.

aplikasi screenshot lightshot

Cara penggunaan aplikasi ini :
Tekan tombol PrtSc kemudian tentukan area desktop yang akan dijadikan gambar. Tentukan lebar dan panjang area screenshot dengan mengklik dan membuat area seleksi. Save jika hasil sudah seperti yang diinginkan.

Sekian penjelasan saya mengenai aplikasi screenshot desktop lightshot.

Semoga bermanfaat.

1 Response to "Aplikasi Lightshot Mempermudah Screenshot Desktop"

  1. ijin sedot ah gan....
    aplikasi ini lebih gampang katimbang prtsysrq di tombol keyboard hehehe

    oiya gan kalau mau download game - game seru untuk pc dan juga software" full version di
    www.filegaleri.com aja gan....
    ada cara installnya :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini