Mengatur Ukuran Margin Untuk Print di Ms Word

Mengatur Ukuran Margin Print di Ms Word 2003 2007 dan Ms 2013. Pengaturan print pada ms word bukan hanya pada pengaturan ukuran kertas tersebut, tetapi kita juga bisa memainkan ukuran margin agar hasil print dapat sesuai seperti yang diinginkan. Ini berfungsi ketika ada sebagian teks yang terprint pada lembar kedua padahal sebenarnya yang diinginkan hasil print out tersebut hanya berada pada satu halaman saja.

Baca Juga : Cara Mengatur Ukuran Margin Untuk Print di Ms Excel

Contoh kecil lihat gambar berikut

mengatur margin untuk print di ms word

Gambar diatas yang saya tandai dengan kotak warna merah adalah sebagian paragraph yang turun pada lembar kedua. Sehingga pada saat di print, paragraph tersebut akan terprint pada lembar kedua.
Jika pengaturan kertas tersebut kita sudah tentukan tetapi bagian paragraph akhir masih berada pada lembar kedua. Kita dapat memperkecil ukuran margin agar bagian paragraph tersebut kembali ke lembar pertama, sehingga hasil print hanya menjadi satu lembar saja.

Margin yang saya maksud adalah jarak antara batas tepi tulisan dengan ujung tepi kertas. Lihat contoh gambar diatas, saya sudah menandai margin pada ms word.


Untuk mengatur ukuran margin klik menu Page Layout – Margins – Custom Margin

menu margin ms word - margin untuk print
penggunaan margin di ms word

Pada menu margin sudah terdapat beberapa pengaturan margin seperti normal, narrow, moderate, wide dll. Sebagai contoh kita mencoba margin type narrow. Pada margin type narrow jarak tepi tulisan dengan batas tepi halaman kertas adalah 0,5 Inci atau 1,27 cm. untuk merubah inci menjadi cm di ms word dapat menggunakan Cara Mengganti Satuan Ukuran di Ms Word. Contoh jarak margin menggunakan narrow :


margin ms word menggunakan narrow

Dibawah ini gambar dari hasil penggunaan margin Narrow. Terlihat bahwa paragraph yang tadinya ada pada lembar kedua kini sudah berada pada lembar pertama.

hasil layout print dari pengaturan margin ms word

Selain menggunakan margin standart, kita juga dapat memodifikasi ukuran margin sesuai dengan keinginan kita , dengan menggunakan custom margin. Page layout – margins- pilihan paling bawah Custom Margin.

mengatur margin di ms word
mengatur ukuran margin di ms word

Pada contoh Custom margin diatas. Kita dapat merubah jarak tepi tulisan dengan tepi kertas sesuai keinginan. Top adalah jarak tepi tulisan dengan jarak tepi kertas bagian atas, Left Jarak tepi tulisan dengan tepi kertas bagian kiri, bottom adalah jarak tepi tulisan dengan tepi kertas bagian bawah dan right adalah jarak antara tepi tulisan dengan tepi kertas bagian kanan.

Ada cara termudah untuk merubah margin pada ms word yaitu dengan klik batas margin yang berada  di rules ms word dan kemudian menggesernya sesuai keinginan.

menggeser margin di ms word 2013

Itulah cara mengatur margin di ms word, semoga dapat membantu.

0 Response to "Mengatur Ukuran Margin Untuk Print di Ms Word"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini