Penggunaan Rumus OR dalam Perbandingan di Ms Excel

Cara Penggunaan Rumus Perbandingan dengan Fungsi Rumus OR.  Fungsi rumus OR biasanya digunakan bersamaan dengan rumus perbandingan. Fungsi Or pada perbandingan berfungsi untuk membandingkan sebuah pernyataan dengan persyaratan bahwa jika salah satu syarat terpenuhi akan bernilai benar (True). Berbeda dengan fungsi rumus And syarat agar bernilai True adalah dengan semua syarat terpenuhi, jika salah satu tidak terpenuhi maka akan bernilai false.


Untuk lebih jelasnya lihat pernyataan dibawah ini :
Dalam sebuah toko elektronik, jika barang yang dibeli adalah TV atau Kulkas, maka akan mendapat diskon sebesar 25%.

Dari pernyataan diatas, dilihat bahwa hanya TV atau Kulkas yang mendapat diskon 25%. Yang artinya jika yang dibeli adalah TV atau Kulkas maka akan mendapat diskon 25% (Satu syarat terpenuhi).

Contoh rumus or dalam rumus perbandingan IF :

Rumus OR dalam rumus Perbandingan Ms Excel

Contoh diatas kita membuat sebuah table barang dengan dua kolom, kolom pertama Nama Barang dan Kolom kedua Diskon (%). Pada kolom diskon akan bernilau true (Benar) Jika Nama barang adalah TV atau Kulkas.

Cara Penulisan Rumus pada kolom Diskon adalah :

=IF(OR(A4=”TV”, A4=”Kulkas”), 25,0)

Pengertian rumus diatas adalah jika (IF) cell A4 adalah TV Atau (OR) cell A4 adalah Kulkas maka akan mendapat diskon 25% dan jika bukan keduanya maka tidak akan mendapat diskon (0).


Itulah cara penggunaan fungsi rumus OR dengan rumus perbandingan.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Penggunaan Rumus OR dalam Perbandingan di Ms Excel"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini