Install Ulang Windows pada sistem UEFI, Hardisk Harus Format GPT

Install Ulang Windows pada sistem UEFI, Hardisk Harus Format GPT
Sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara booting flash untuk melakukan instal ulang windows pada laptop dengan sistem UEFI. Kali ini saya akan membagi pengalaman baru lagi mengenai sistem UEFi dan Hardisk format GPT.

Awalnya saya mencoba menginstall ulang windows pada laptop Lenovo G400s. Sebelumnya format hardisk laptop tersebut adalah Format MBR padahal sistem biosnya sudah UEFI. Namun karena penasaran saya mencoba menginstal laptop tersebut dengan pengaturan pada Bios hanya untuk windows sistem UEFI saja.

Hasilnya pada saat penginstallan berjalan dan sampai pada pemilihan Hardisk yang akan digunakan, penginstalan berhenti sampai disitu saja. Terjadi error yang menyebabkan penginstalan tidak dapat dilakukan. Muncul error bahwa format hardisk tidak sesuai dengan sistem UEFI. Tetapi jika saya merubah pengaturan pada Bios kembali semula proses instalasi berjalan lancar.




Dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa, jika akan melakukan penginstalan ulang dengan menggunakan sistem UEFI pada bios, maka hardisk yang digunakan harus berformat GPT. Dan cara merubahnya yaitu dengan cara memformat ulang hardisk anda dari MBR menjadi GPT. Untuk cara formatnya dapat anda cari di google karena sudah banyak yang membahas. Namun sebaiknya data yang ada pada hardisk diamankan dulu. semoga bermanfaat.

1 Response to "Install Ulang Windows pada sistem UEFI, Hardisk Harus Format GPT"

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini