Salah Satu Cara Mengecek Kerusakan Pada PSU Komputer

Salah satu cara mengecek kerusakan pada PSU (Power Suplay Unit) komputer. PSU merupakan sebuah hardware pada komputer yang berfungsi mengatur arus listrik yang masuk ke komponen-komponen hardware komputer lainnya. PSU ini sangat berperan penting sehingga apabila terjadi arus yang tidak stabil maka biasanya PSU inilah yang pertama terkena dampaknya.


Saya pernah mengalami komputer tiba-tiba tidak mau menyala setelah terkena effek lampu padam. Tombol powerpun jika ditekan, komputer tidak ada respon sama sekali. Namun setelah saya melakukan pengecekan pada PSU ini, kemudian komputer normal kembali.


Adapun yang saya lakukan adalah mencabut slot PSU yang ke mainboard dan melakukan baypass kabel seperti contoh pada gambar dibawah ini :

Salah Satu Cara Mengecek Kerusakan Pada PSU Komputer

Pada gambar diatas saya melakukan sambungan langsung dari kabel hijau dan kabel hitam yang berada disampingnya. Kemudian sambungkan PSU ke arus listrik, jika kipas PSU berputar ini menandakan bahwa PSU dalam keadaan normal.

Setelah saya melakukan percobaan diatas, saya memasang kembali slot PSU yang ke mainboard dan mencoba untuk menyalakan komputer. Dan hasilnya komputer nyala seperti semula.

Saya tidak tau pasti apa penyebab komputer tidak mau menyala sama sekali ketika terkena effek lampu padam. Namun saya hanya lakukan langkah-langkah diatas dan komputer normal kembali. Mudah-mudahan ini dapat membantu sobat yang mengalami hal yang sama seperti yang komputer saya alami. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Salah Satu Cara Mengecek Kerusakan Pada PSU Komputer"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini