Kecanggihan Teknologi 3 Negara Dalam Pencarian AirAsia

Hilang dan jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 membuat Negara Indonesia berduka. Pencarian pesawat tersebutpun dilakukan oleh beberapa tim dari Indonesia dan bahkan dibantu dari Negara lain. Ada 3 negara yang mengirimkan bantuan dengan personil terbaik dan kecanggihan teknologi yang dimiliki.


Ketika saya mengikuti perkembangan berita AirAsia saya melihat ada beberapa Negara yang membantu dengan armada terbaik dan kecanggihan teknologi yang dimiliki sehingga saya tertarik untuk membahasnya.

Seperti dikutip dari laman Detiknews Tiga Negara yang mengadu kecanggihan teknologi untuk menemukan pesawat AirAsia tersebut adalah 2 negara adidaya yaitu Amerika dan Rusia, serta Negara dari benua asia Korea Selatan. Berikut armada dan kecanggihan teknologi yang dikirimkan untuk membantu pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

Amerika


kapal amerika pencarian AirAsia QZ 8501
kapal amerika | foto:detiknews
Berikut teknologi canggih yang dikirimkan Angkatan Laut Amerika Serikat

1. USS Sampson

2. USS Forth Worth

Kapal milik Angkatan laut Amerika ini memiliki teknologi yang luar biasa, lihat saja USS Sampson dilengkapi sistem radar berteknologi 3D dan sonar canggih. Terdapat kapal helikopter Sea Hawk. Kapal USS Sampson ini berhasil mengevakuasi 12 jenazah pada Jumat.

Korea Selatan

pesawat korea selatan pencarian AirAsia QZ 8501
pesawat korea selatan | foto:detiknews
Armada Korea Selatan mengirimkan pesawat P3-C Orion KN-01 buatan Lockheed Martin untuk membantu pencarian dan berhasil menemukan 6 jenazah dari pesawat QZ8501 yang 3 di antara jenazah tersebut ditemukan dalam posisi duduk dan berpegangan tangan.

Pesawat P-3C Orion memiliki kecepatan Patroli  205 knot (375 kmpj), Jarak Jelajah  3000 NM (5490 km), awak 2 Pilot dan 8 Crew, dilengkapi peralatan deteksi Radar Udara, Radar Cuaca,  MAD (Magnetic Anomaly Detection ), ESM (Electronic Support Measures) dan  IRDS (Infra Red Detection System ).

Rusia

pesawat amfibi rusia pencarian AirAsia QZ 8501
pesawat amfibi rusia | foto:detiknews
Dari Rusia mengirim Pesawat Jet Amfibi Beriev BE-200, dan Pesawat transportasi Ilyushin II-76.

Berikut keunggulan pesawat Jet Amfibi milik Rusia:
  1. Dapat mendarat di laut dengan kedalama 100 meter.
  2. Panjang 32 meter, tinggi 8,9 meter dan lebar sayap 32,8 meter.
  3. Kecepatan maksimal pesawat ini di udara mencapai 700 km/jam, sementara kecepatan pesawat di atas permukaan laut bisa sampai 560 km/jam.
  4. Pesawat ini bisa lepas landas dari atas permukaan air karena bagian bawah badan pesawat dibuat seperti lambung kapal laut, sementara mesin penggerak terletak di bagian atas sayap sehingga tidak tersentuh oleh air.
  5. Memiliki sensor infrared untuk menemukan semua alat yang diperlukan untuk pencarian di dalam laut.


Tidak hanya 3 negara tersebut yang mengirimkan armada bantuan untuk membantu pencarian pesawat AirAsia yang hilang. Beberapa Negara tetanggapun juga turut membantu melakukan pencarian.

0 Response to "Kecanggihan Teknologi 3 Negara Dalam Pencarian AirAsia"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini