Ular Pertama di Dunia Pemakan Dinosaurus

Ular Pertama di Dunia Pemakan Dinosaurus
ilustrasi ular (foto:wowpics.in)
Menurut penelitian bahwa ular pertama di dunia merupakan pemakan dinosaurus. Wah bisa kebayang gak gan, ular pemakan dinosaurus, pasti ukurannya begitu besar. Jangan terlalu dibayangkan gan, ternyata ular purba tersebut hanya berukuran 1,2 meter.


Seperti dilansir merdeka.com, Awalnya beberapa tahun silam, ilmuwan di Inggris, Amerika, dan Portugal menemukan beberapa fosil kadal purba yang belum terindentifikasi. Namun, setelah diteliti lagi di awal tahun ini, terungkap bahwa ternyata fosil-fosil tersebut adalah fosil ular pertama di dunia.

Terdapat empat fosil ular purba yang ditemukan di Oxfordshire (Inggris), Colorado (Amerika), dan Leiria (Portugal). Dan menurut penelitian dari Universitas Alberta di Kanada, menyimpulkan bahwa empat fosil ular itu berasal dari 140-167 juta tahun lalu. Ini tentu sangat mengejutkan ilmuwan, karena diketahui bahwa fosil ular tertua sebelumnya berasal dari masa 100 juta tahun yang lalu. Mayoritas ilmuwan dan peneliti hewan juga masih percaya bila ular pertama kali muncul seratus juta tahun yang lalu.

Fosil ular purba terbesar dengan nama latin Portugalophis lignites diprediksi panjangnya mencapai 1,2 meter. Walaupun bentuknya yang kecil, tetapi Portugalophis lignites adalah pemangsa hewan yang lebih besar, seperti mamalia kecil, kadal, bahkan dinosaurus, Daily Mail (27/01).


Menurut peneliti Dr. Michael Caldwell dari Universitas Alberta, penemuan fosil ini berdampak besar terhadap pengetahuan manusia tentang spesies kadal tak berkaki tersebut. Dr. Caldwell juga mengatakan bila empat ular purba tersebut kemungkinan besar masih mempunyai sepasang kaki belakang. Sebab, penemuan fosil ular purba yang umurnya lebih muda, sekitar 100 juta tahun, masih mempunyai kaki dengan fungsi yang belum diketahui.

0 Response to "Ular Pertama di Dunia Pemakan Dinosaurus"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini