4 Fakta Kucing Dapat Bertahan Saat Jatuh Dari Ketinggian

4 Fakta Kucing Dapat Bertahan Saat Jatuh Dari Ketinggian
kucing lompat (foto:womansday.com)
Kucing merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu. Selain lucu hewan ini diklaim sebagai hewan pembersih. Dan tahukah anda bahwa kucing dijuluki sebagai hewan dengan Sembilan nyawa. Mengapa? Karena kucing dapat selamat meskipun jatuh dari tempat tinggi. Apa saja fakta yang membuat kucing selamat, yuk kita simak dibawah ini.

Dilansir merdeka.com, sebuah penelitian tahun 1987 di kota New York mengungkapkan bahwa sekitar 90 persen kucing yang jatuh dari bangunan tinggi dan hanya 37 persen di antaranya yang membutuhkan bantuan medis. Penelitian selanjutnya hingga abad 21 setidaknya terdapat 4 alasan mengapa kucing bisa selamat dari ketinggian.

1. Tubuh lebar, bobot ringan

Ilmuwan di BBC mengatakan kucing mempunyai tubuh yang lebar dengan bobot yang relatif ringan. Sehingga, ketika kucing jatuh, kecepatan jatuhnya lebih rendah jika dibandingkan dengan manusia pada ketinggian yang sama.

Faktanya seekor kucing dengan posisi kaki yang dibentangkan rata-rata jatuh dengan kecepatan 97 kilometer per jam. Sedangkan manusia jatuh hingga kecepatan 193 km per jam. Jadi semakin cepat kecepatan jatuh semakin besar juga risiko celakanya.

baca juga : 3 alasan kucing suka tidur dalam kardus

2. Evolusi

Untuk beradaptasi di pepohonan dan mencari mangsa, ternyata tubuh kucing mengalami evolusi. Inilah yang membuat kucing setelah jutaan tahun kakinya mampu menahan bobot tubuhnya dengan baik saat jatuh dari ketinggian atau meloncat menerkam mangsa.

3. Salto di udara

Manusia belajar salto mungkin memerlukan beberapa latihan, tetapi kucing sudah menjadi instingnya salto di udara. Kucing dapat berputar di udara dengan cara memutar ekor-nya sehingga ketika jatuh kaki selalu menghadap kebawah. Ini merupakan insting yang disebut reflek 'aerial righting' sehingga kucing dapat bisa terus merasakan 'arah' atas walaupun tengah berada di posisi terbaik di udara. nih contohnya :



4. Kaki parasut

Nah coba agan perhatikan bentuk kaki kucing. Kaki-kaki kucing lentur dan berotot yang berfungsi seperti pegas. Sehingga saat jatuh dapat mengurangi dan menyerap seluruh energi kejut dengan sempurna.

"Kucing mempunyai kaki panjang yang menekuk plus otot kuat. Otot tersebut mampu meredam energi kejut akibat jatuh sehingga tidak membuat tulangnya patah," jelas Jim Usherwood dari Royal Veterinary College.

Nah itulah yang membuat kucing disebut dengan hewan 9 nyawa. Semoga bermanfaat gan.

0 Response to "4 Fakta Kucing Dapat Bertahan Saat Jatuh Dari Ketinggian"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini