Misteri Warna Gaun Aneh Yang Menjadi Perdebatan di Dunia Maya

gaun aneh
photo:swiked/tumbrl
Baru-baru ini terdapat sebuah foto gaun yang menjadi perdebatan di dunia maya. Dan hal inipun yang juga saya alami. Saya melihat gaun ini berwarna putih dengan warna emas. Namun anehnya dari 6 orang yang saya panggil, mengatakan bahwa gaun ini berwarna biru hitam. Hmmmm jadi pusing dan aneh sendiri.


Uniknya gaun ini walaupun saya sudah melihatnya dari atas bawah, samping dan kemiringan berapapun tetap saja warnanya putih dengan emas. Namun saya juga bukan sendiri yang mengatakan bahwa warna baju ini putih emas, tetapi ada beberapa dari komentar yang mengatakan hal yang sama dengan saya.

Coba deh agan perhatikan, kira-kira warna apa yang ada pada baju ini? Dan tulis pendapat agan pada kolom komentar dibawah ya.

Ternyata artis duniapun juga mengalami perdebatan masalah warna gaun ini loh. Penyanyi Taylor Swift, “I don’t understand this odd dress debate and I feel like it’s a trick somehow. I’m confused and scared. PS it’s OBVIOUSLY BLUE AND BLACK” kata Swift melalui akun twitternya @taylorswift13. Begitu juga dengan Kim Kardashian ia berdebat dengan suaminya, Kanye West, mengenai warna gaun ini. Di saat Kardashian melihat gaun ini berwarna putih emas, West malah melihat gaun ini berwarna biru hitam.

Dilansir fimela.com, foto gaun ini awalnya di-post di Tumblr oleh Caitlin McNeill, perempuan asal Skotlandia berusia 21 tahun. “Jadi, dua orang teman dekat saya akan menikah, dan ibu dari calon pengantin perempuan mengambil foto gaun tersebut untuk dikirimkan ke anaknya,” kata McNeill. Ketika teman McNeill menunjukkan gaun tersebut ke tunangannya, mereka berdebat soal warna. Kemudian, McNeill membagikan foto gaun tersebut ke teman-temannya dan mereka juga berdebat. Setelah itu McNeill menaruh foto tersebut di Tumblr fan page dan ternyata gaun ini membuat heboh dunia maya.

Dari laman fimela mengatakan bahwa interpretasi warna itu datangnya dari retina mata. Ada dua sel di dalam retina kita, yaitu sel berbentuk batang dan sel berbentuk kerucut. Sel berbentuk batang ini melihat warna, sementara sel berbentuk kerucut melihat bayangan, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Sel berbentuk batang hanya bekerja ketika intensitas cahaya yang masuk ke mata mencukupi. Jadi, meskipun kamu melihat selembar kain berwarna putih, orang lain mungkin dapat melihatnya sebagai biru karena sel berbentuk batang yang kamu miliki tidak merespon dengan baik ketika pencahayaan kurang.

Nah bagiamana dengan penglihatan anda? apakah sama dengan admin freezon yang melihat warna putih dan emas? Heheh tulis komentar anda dibawah ini.


Udah ya jangan pada berdebat langsung aja lihat foto aslinya dibawah ini.

gaun aneh
photo: roman originals

2 Responses to "Misteri Warna Gaun Aneh Yang Menjadi Perdebatan di Dunia Maya"

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini