fbpx

Arti Baret Angkatan Bersenjata Yang Miring Ke Kiri dan Ke Kanan

Arti Baret Angkatan Bersenjata Yang Miring Ke Kiri dan Ke Kanan
ilustrasi arti kemiringan baret angkatan bersenjata (foto:kaskus)
Halo sobat freezon, apa anda pernah melihat baret yang dikenakan tentara, polisi militer dan anggota pramuka? Dan pertanyaannya adalah kenapa baret-baret tersebut dipasang miring, Bukan lurus saja. Nah berikut dibawah ini adalah ulasannya.
Ternyata baret yang dipasang miring itu memiliki makna tersendiri. Pemasangan miring ke kanan dan ke kiri memiliki arti yang berbeda.

Arti baret miring ke kanan
Baret seperti ini biasanya dipake oleh anggota TNI yang memasang baretnya dengan miring ke Kanan. Topi baret hanya dikenakan oleh tentara yang memiliki fungsi tempur. Setiap angkatan memiliki pasukan tempurnya, dan warna baretnya masing-masing. Seperti Baret Merah milik KOPASSUS, Baret Jingga Milik PASKHAS AU, Baret Hijau milik KOSTRAD, Baret Hitam milik KAVELERI, dan sebagainya.
Semua baret itu dikenakan miring ke kanan, artinya posisi emblem ada di kiri pemakai, dan miring ke kanan artinya pasukan itu adalah pasukan siap tempur. Selain itu baret pramuka ternyata miring ke kanan. Menurut sejarah, ini dikarenakan pramuka pada saat itu menjadi pasukan cadangan dalam pertempuran.

Arti baret miring ke kiri
Baret yang miring ke kiri biasa baret milik Polisi Militer yang biru muda, atau baret biru tua milik Brimob, atau milik korps Reserse. Baret yang miring ke kiri merupakan baret yang dikenakan oleh pasukan yang memiliki tugas kemanan dan pengamanan serta penegakkan hukum.

Nah bagaimana sobat? Sudah menambah pengetahuan anda kan?