Insomnia? Coba Metode Pernapasan 4-7-8 Untuk Mengatasinya

Insomnia? Coba Metode Pernapasan 4-7-8 Untuk Mengatasinya
ilustrasi (foto:qhazana.wordpress.com)
Insomnia sering sekali menggangu saat malam, dan hal ini tentunya buat sobat pasti sangat kesal. Penyebab insomnia ini sih bermacam-macam mulai dari, efek kopi, efek smartphone, efek galau dan lain sebagainya. Namun ada metode terbaru untuk tertidur dalam waktu 1 menit.

Seperti dilansir tempo.co, seorang ilmuwan telah mengklaim menemukan cara membuat para penderita insomnia tertidur hanya dalam waktu 60 detik dan tidak menggunakan obat-obatan. Metode yang digunakan adalah metode pengaturan pernapasan yang disebut dengan teknik 4-7-8.  Metode ini diklaim merupakan obat penenang alami bagi sistem saraf manusia dengan cara membantu mengurangi ketegangan dalam tubuh. Teknik ini didasarkan pranayama yaitu kebiasaan bangsa Indian zaman dulu yang artinya “aturan bernapas”.

Metode pernapasan ini ditemukan oleh Andrew Weil ilmuwan asal Arizona. Dalam videonya yang diupload di youtube, berikut ia jabarkan cara metode 4-7-8 ini:

1. Hembuskan napas melalui mulut dengan membuat suara “whoosh”.

2. Tutup mulut dan tarik napas tanpa suara melalui hidung dalam hitungan empat detik dan tahan napas selama hitungan tujuh detik.

3. Kemudian keluarkan napas sepenuhnya melalui mulut dengan kembali membuat suara “whoosh” selama delapan detik.

4. Kembali lagi menarik napas dan ulangi metode ini sebanyak tiga kali.

Tips yang perlu diperhatikan saat melakukan metode tersebut adalah saat menarik napas usahakan tanpa suara melalui hidung dan mengeluarkannya dengan suara keras melalui mulut. Posisi ujung lidah tetap pada posisi yang sama saat menarik dan menghembuskan napas. Dan perlu diingat bahwa perbandingannya harus 4-7-8.

Weil mengklaim bahwa teknik pernapasan 4-7-8 adalah teknik yang sangat baik karena dengan menggunakan teknik ini memungkinkan oksigen mengisi paru-paru kita dengan lebih baik. Oksigen tambahan yang masuk ke paru-paru dapat memberikan dampak menenangkan pada sistem saraf parasimpatetik sehingga menimbulkan keadaan tenang.

Ketika Anda stres mengapa seringkali seseorang mengalami insomnia? Ini karena sistem saraf mengalami stimulasi yang berlebihan yang menimbulkan ketidakseimbangan yang berdampak pada susah tidur. Lebih lanjut dr Weil menyarankan untuk mempraktekkan teknik ini dua kali sehari selama enam hingga delapan pekan agar dapat menguasainya dengan baik. Sehingga ketika Anda terapkan anda dapat terlelap hanya dalam waktu 1 menit.


Gimana sobat freezone? Ingin mencobanya?

0 Response to "Insomnia? Coba Metode Pernapasan 4-7-8 Untuk Mengatasinya"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini