Bukan Cuman Manusia, Hewan ini Juga Transgender

Bukan Cuman Manusia, Hewan ini Juga Transgender
Kadal Pogona (photo:wikipedia)
Hewan ini merupakan satu-satunya jenis hewan transgender. Ternyata bukan cuman manusia yang merupakan transgender, tetapi ada salah satu hewan yang bertransgender. Hewan tersebut adalah spesises kadal gurun Pogona atau biasa juga disebut dengan naga berjenggot.

Fenomena ini dikabarkan terjadi karena pemasan global yang terjadi di Australia. Suhu di Negara kangguru tersebut terus meningkat sehingga membuat kadal dengan gen jantan saat masih berada dalam telur ketika menetas berubah menjadi betina. Dan uniknya lagi, meskipun gen tubuhnya masih jantan, kadal 'transgender' itu bisa menghasilkan telur, bahkan lebih banyak dari kadal betina asli.

Hal ini membuat para ilmuwan dari Universitas Canberra, Australia khawatir akan punahnya special kadal pogona yang benar-benar asli betina. Masalahnya keturunan yang dihasilkan dari kadal pogona transgender juga memiliki ciri yang sama dengan induknya. Cirinya adalah jantan dari segi genetik namun dari segi tubuh berbentuk betina dan bisa bertelur.

Ilmuwan tersebut mengatkan bahwa hal ini karena terjadinya perubahan iklim ekstrim yang berdampak besar bagi makhluk hidup. Data penelitian lebih lanjut menunjukkan bila perubahan kelamin dari jantan menjadi betina terjadi ketika suhu lingkungan tempat telur kadal Pogona berada mencapai 36 derajat Celsius. Dikabarkan proses transgender kadal Pogona sudah mencakup luas 38 ribu kilometer persegi. Di tahun 2004 saja jumlah kadal transgender ini mencapai 22.2 persen dari total populasi kadal pogona di Australia dan sampai saat ini jumlah tersebut terus meningkat.

0 Response to "Bukan Cuman Manusia, Hewan ini Juga Transgender"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini