Mengatasi Local Print Spooler Service is Not Running

Cara mengatasi printer local print spooler service is not running. Seperti biasa, saya ingin sharing pengalaman lagi mengenai error pada printer. Error yang terjadi adalah muncul pesan local print spooler service is not running bla bla bla. Itu terjadi pada saat saya ingin mengubah status salah satu printer menjadi default printer. Selain itu printer tidak merespon pada saat akan dilakukan print.

Mengatasi Local Print Spooler Service is Not Running


Sekedar info printer yang saya gunakan waktu itu ada dua tipe, yaitu printer canon ip2770 dan printer hp laserjet p1005. Kedua Printer tersebut merupakan printer sharing dari dua computer yang dipakai beberapa computer dalam satu jaringan.

Awal munculnya error printer adalah ketika computer yang terhubung dengan printer tersebut ingin mencetak sebuah dokumen tetapi tiba-tiba saja printer mengalami error, not respon dan tidak ada hasil print. Dan saat saya ingin merubah pengaturan default printer selalu saja muncul error local print spooler service is not running.

Untuk mengatasi hal tersebut saya mencoba beberapa troubleshoot dengan cara uninstall driver printer hinga remove device printer, membatalkan semua dokumen yang terpending saat print, tetapi hasilnya tetap sama. Printer no rospen bahkan error masih muncul.

Dan akhirnya saya mencoba menggabungkan beberapa tips yang saya dapatkan dari pencarian google. Tipsnya adalah sebagai berikut:
  1. Uninstall driver printer
  2. Masuk ke Drive C – Windows – System32, cari folder Spool dan rubah namanya menjadi spool1
  3. Copy folder spool dari computer lain, atau anda dapat mendownloadnya disini kemudian copykan ke Drive C – Windows – System32 kemudian restart computer anda
  4. Install kembali driver printer anda dan coba untuk test print

Langkah tersebut saya lakukan sehingga proses print menjadi lancar dan tanpa muncul error local print spooler. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengatasi Local Print Spooler Service is Not Running"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini