Cara Mengatasi Drive C Yang Tiba-tiba Full

Cara Mengatasi Drive C Yang Tiba-tiba Full Dengan Menggunakan Disk Clean Up. Hai sobat Freezon, pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu tips mengatasi drive C yang berada dikomputer anda tiba-tiba full. Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebenarnya wajar-wajar saja, karena semua file yang anda download dari internet dan file di folder Document tersimpan dalam drive C.

Hal ini juga pernah saya alami, mengapa tiba-tiba Drive C di laptop saya full sehingga terlihat indikator penyimpanan berwarna merah. Kemudian saya mencoba untuk memindahkan semua file yang berada di Document dan di Desktop ke Drive D, namun perubahan yang terjadi hanya sedikit. Hanya sekitar 6 GB yang free di Drive C.

Karena rasa penasaran, saya mencoba memperhatikan folder-folder yang berada di Drive C, dan saya melihat ada sebuah folder yang tidak biasa, yaitu folder Windows.old. Nah anggapan saya disini bahwa folder inilah yang membuat drive C tiba-tiba full. Ternyata benar, setelah saya browsing saya mendapatkan penjelasan menganai folder tersebut. Folder Windows.old merupakan folder dari system windows yang lama. Ini terjadi karena windows telah terupdate secara online.

Agar drive C kembali normal, kita haru menghapus folder tersebut, caranya dengan menggunakan aplikasi Disk Clean Up bawaan Windows. Ketik CLEAN pada pencarian windows yang terdapat di menu Start kemudian jalankan, hingga tampak seperti pada gambar dibawah ini. (Saya menggunakan Windows 10).
disk clean up untuk membersihkan drive c

Karena kita akan membersihkan file yang tidak penting di C, maka pilih Drive C.

disk clean up untuk membersihkan drive c1


Tunggu hingga proses Scanning selesai

disk clean up windows old

Setelah muncul jendela Disk Clean-up for C klik tombol Clean Up File System, maka akan terjadi proses scanning, tungguh hingga selesai.

disk clean up windows old

Setelah selesai maka akan muncul tampilan gambar seperti dibawah ini. Centang Previous Windows Instalation dan Temporary Windows installation files dan kemudian klik ok.


Proses pembersihan file-file system lama akan berjalan. Setelah proses selesai silahkan cek kembali kapasitas drive C kamu, disini akan terlihat perubahan yang besar dari kapasitas penyimpanan drive C. semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Drive C Yang Tiba-tiba Full"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini