Hasil Crimping Mempengaruhi Kecepatan Jalur Data pada Kabel LAN

Hasil Crimping Mempengaruhi Jalur Data pada Kabel LAN. Pagi sobat freezone, kembali lagi dengan catatan mengenai berbagai pengalaman. Pengalaman yang saya alami kali ini adalah seputar kecepatan akses jaringan yang dipengaruhi oleh hasil crimping RJ45.

Beberapa hari yang lalu, saya sedang membuat jaringan hotspot dengan jarak mikrotik dengan access point sekitar 70 meter. Sebelum membuat instalasi jaringan saya telah melakukan uji coba pada hotspot mikrotik dengan menggunakan kabel lan 1,5 meter ke AP. Dan hasilnya bagus, koneksi kencang dan berjalan lancer.

Namun setelah saya memindahkan AP dengan jarak sekitar 70 meter jaringan internet menjadi sangat lambat. Untuk akses login page mikrotik saja loading sangat lama. Kemudian saya mengecek status rate pada interface hotspot, dan hasilnya sangat mengejutkan hanya 10Mbps padahal kabel Lan yang saya gunakan adalah merek belden cat6. Anehnya ketika saya menggunakan kabel lan yang hanya 1,5 meter, status rate pada interface hotspot menjadi 100Mbps.

Awalnya juga saya merasa heran, padahal kabel LAN yang saya gunakan adalah kabel lan kelas atas. Kemudian saya mencoba untuk memotong kabel lan sekitar 30 meter dan menambahkan switch hub berharap agar data yang dikirimkan menjadi lebih kuat. Tapi hasilnya tetap sama, status rate interface hotspot masih 10Mbps.

Karena penasaran saya mencoba menggunakan cable terster untuk mengetes apakah ada jalur kabel yang putus tetapi semua indicator lampu nyala yang berarti kabel lan tidak ada masalah. Akhirnya jalan terakhir yang membuat saya berhasil memecahkan masalah ini adalah dengen mengcrimping ulang kabel LAN tersebut. Dan hasilnya status rate berubah menjadi 100Mbps.


Hasil Crimping Mempengaruhi Kecepatan Jalur Data pada Kabel LAN


Dari pengalaman diatas, saya menyimpulkan bahwa ternyata koneksi kecepatan data juga bergantung pada hasil crimping RJ45. So bagi sobat yang mengalami hal yang sama dengan saya, dapat mengecek kembali hasil crimpingnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Hasil Crimping Mempengaruhi Kecepatan Jalur Data pada Kabel LAN"

Post a Comment

Tinggalkan komentar Anda di Bawah Ini