fbpx
orang tua pegang hp
image source: www.freepik.com

Mengatasi Layar Sentuh Hp Android Berbunyi Panduan Suara Setiap Kali di Tekan

Halo sobat Freezone!! Sebenarnya saya juga bingung mau memberikan judul artikel ini. Tetapi inti dari artikel ini adalah menonaktifkan suara pemandu saat menekan layar sentuh (Touchscreen) hp android. Jadi ketika kita akan membuka sebuah aplikasi di Hp Android, aplikasi tersebut tidak langsung terbuka tetapi muncul suara pemandu yang akan mengucapkan nama dari aplikasi tersebut. Bukan cuman aplikasi, setiap yang disentuh, baik di menu dan setting semuanya akan mengeluarkan suara pemandu.

Jadi ceritanya begini, beberapa hari lalu teman kantor menanyakan kepada saya bahwa kenapa Hp nya selalu mengeluarkan suara pemandu setiap touchscreennya disentuh. Dan untuk membuka sebuah aplikasi kita harus klik satu kali terlebih dahulu, kemudian double klik untuk membuka aplikas tersebut. Untuk menggeser layar smatphone juga kita harus menggunakan 2 jari agar layar dapat berpindah.

BACA JUGA:  Cara Download Video Facebook di Smartphone Android

Cek per cek, akhirnya ketemu juga solusinya. Ternyata fungsi TalkBack pada smartphone tersebut dalam kondisi ON. Jadi setiap kali touchscreen atau layar smatphone disentuh, maka pemandu akan menjelaskan apa yang disentuh. Dan fungsi ini berguna untuk orang buta atau orang dengan penglihatan yang kabur.

Untuk cara menonaktifkan fungsi tersebut anda dapat pergi ke pengaturan – additional setting – accessibility  – TalkBack dan ubah statusnya menjadi OFF. Fungsi ini ada disemua smartphone dengan OS Android.

Berikut Cara nonaktifkan fungsi talkback pada hp poco x3

Cara Nonaktikfan Talkback melalui Menu Settings

setting fungsi talkback

Masuk ke Menu Setting dan pilih Additional Settings.

setting talkback smartphone

Selanjutnya pilih menu Accessibility seperti contoh diatas

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www freezone88 com/668/mengatasi-layar-sentuh-hp-android-berbunyi-panduan-suara-setiap-kali-di-tekan htmlketika ditekan hp mengeluarkan suara
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selengkapnya »