fbpx
niat puasa senin

Niat Puasa Senin, Hikma dan Manfaatnya

Apa Sih Niat Puasa Senin? Puasa umat muslim tidak hanya dilakukan pada saat bulan Ramadhan saja, tetapi ada beberapa hari ataupun waktu-waktu yang disunnahkan untuk berpuasa. Salah satunya adalah pada hari senin. Dibawah ini akan kita ulas beberapa fakta dan niat puasa senin.

Fakta dan Informasi Seputar Puasa Senin

Rasulullah SAW sering mengamalkan puasa pada hari senin kamis, hal ini diterangkan dalam hadis Riwayat At Tarmidzi.

“Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa,” hadis riwayat At Tarmidzi.

Kapan Waktu Niat Puasa Senin

Agak berbeda dengan puasa yang dilakukan pada bulan Ramadhan, Niat puasa pada hari Senin boleh saja dilakukan pada waktu pagi ataupun siang hari dengan catatan belum makan dan minum sejak pagi dan berniat untuk berpuasa.

Niat Puasa Senin

Berikut dibawah ini adalah niat Puasa Senin:

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุตูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู’ู„ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ุณูู†ู‘ูŽุฉู‹ ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala”

Hikma dibalik puasa senin

Hikmah bagi orang yang melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis adalah dibukanya pintu surga Ar-Rayyan dan amalan manusia juga diperiksa pada kedua hari ini dan tentunya akan mendapat pahala. Rasulullah SAW menganjurkan puasa berjumlah lima belas. Diantaranya adalah pertama puasa sunah Senin dan Kamis.

Namun Rasulullah SAW lebih memilih untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Rasulullah bersabda:

โ€˜Berbagai amal manusia ditampakkan di hadapan (Allah) pada hari Senin dan Kamis. Aku senang bila amalku dihadapkan pada saat aku berpuasa.โ€™ HR At-Tirmidzi dan lainnya.

Manfaat Puasa Senin

Banyak ilmuan yang telah meneliti mengenai manfaat puasa, sehingga ketia kita rutin melakukan puasa senin kamis, tentunya ini akan menambah Kesehatan pada tubuh dan menyehatkan jiwa. Beberapa contohnya adalah menurunkan risiko diabetes, mengatasi jerawat , menjauhkan darah tinggi dan masih banyak manfaat lainnya.