fbpx
bantuan sosial 2021

6 Bantuan Sosial Yang Bakal Cair Segera

Seiring dengan PPKM Darurat pemerintah akan menyalurkan sejumlah Bansos (Bantuan Sosial) dalam berbagai bentuk. Hal ini dilakukan agar mampu membantu masyarakat yang terdampak kebijakan pengetatan PPKM.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna, Presiden Joko Widodo meminta agar beberapa bantuan dipercepat pembayarannya. Misalnya pada Bansons Program Keluarga Harapan atau PKH. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

BACA JUGA:  Lowongan Kerja PT KAI Untuk Lulusan SMA hingga S1

“Ini tadi instruksi bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini. Terutama untuk tadi PKH untuk dimajukan triwulan ketiga ini bisa dibayarkan di bulan Juli sehingga bisa membantu masyarakat,” kata Sri Mulyani.

BACA JUGA:  Cara Cek Nama Penerima Bansos Terdampak PPKM Darurat

Berikut Daftar Bansos yang akan cair Bulan Juli 2021:

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Sri Mulyani menjelaskan bahwa realisasi PKH di kuartal II-2021 bisa mencapai Rp 13,96 triliun yang diberikan kepada 9,9 juta KPM atau Keluarga Penerima Manfaat dengan target 10 juta KPM.

  1. Kartu Sembako

Kartu Sembako akan disalurkan pada awal Juli ini, dengan target pemenuhan 18,8 juta KPM. Tahun ini alokasi anggarannya mencapai Rp 40,19 triliun.

BACA JUGA:  Kartu Prakerja Gelombang 18 Ini Syarat dan Ketentuannya
  1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa

Penyaluran BLT memiliki alokasi anggaran sebesar Rp 28,8 triliun dengan target kepada 8 juta KPM. Hingga Juni 2021 telah terealisasi sebesar Rp 4,99 triliun kepada 5 juta KPM. Jumlah yang diterima peserta sebesar Rp 300 ribu per KPM per bulan. Pendataan penerima BLT Desa akan dilakukan oleh Kepala Desa dan Tim Relawan Desa.

BACA JUGA:  6 Game Penghasil Uang ke Saldo DANA Terbukti dan Aman
  1. Bansos Tunai (BST)

Untuk bansos tunai (BST) telah diperpanjang hingga Agustus dengan target 10 juta KPM. Nilai yang diberikan sama dengan BLT yaitu sebesar Rp 300 ribu per KPM per bulan. Baiknya para penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan dengan nilai sebesar Rp 600.000. Nah bagi kalian yang mau mengecek penerima Bansos tunai dapat melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.

BACA JUGA:  Cara Cek Penerima Bantuan Usaha Mikro 2021
  1. Kartu Prakerja

Setelah sukses dengan program Kartu Prakerja sebelumnya kini akan dilanjutkan kembali programnya dan segera membuka pendaftaran gelombang 18. Bahkan ditargetkan aka nada tambahan anggaran sebesar Rp 10 triliun yang disiapkan untuk 2,8 juta peserta. Realisasinya pada bulan juni 2021 sudah tersalurkan Rp 10 triliun kepada 2,8 juta peserta.

BACA JUGA:  Kartu Prakerja Gelombang 18 Ini Syarat dan Ketentuannya
  1. Diskon Listrik

Diskon listrik akan diperpanjang hingga September 2021. Dengan target akan disalurkan kepada 32,6 juta pelanggan PLN. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1,91 triliun. Diskon tarif listrik ini ditargetkan kepada pelanggan rumah tangga, sedangkan bisnis dan industri 450 VA diberikan diskon 50%. Dan untuk pelanggan rumah tangga 900 VA akan diberikan diskon sebesar 25%