fbpx
niat puasa dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

Halo Sobat FreeZone, karena sudah mulai mendekati lebaran Idhul Adha, ada beberapa amalan yang bisa dikerjakan untuk menambah pahala, yaitu Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan puasa Arafah. Ketiga puasa tersebut dikerjakan pada bulan Dzulhijjah. Untuk kalian yang mau mengamalkan puasa-puasa tersebut, berikut niat dan manfaatnya.

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang memiliki keutamaan untuk menjalankan ibadah. Selain bulan Ramadhan di bulan ini juga ada puasa sunnah yang bisa di kerjakan, kita juga boleh memperbanyak bacaan sholawat, berdoa, hingga melakukan amalan kebajikan lainnya.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa 10 hari bulan Dzulhijjah adalah hari yang agung di sisi Allah SWT. Dan dalam hadits lainpun dikatakan bahwa tidak ada amal yang lebih utama daripada 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Dari Ibnu Abbas ra. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada amal yang lebih utama daripada sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah, tidak pula jihad di jalan Allah?” Beliau menjawab. “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali seorang laki-laki keluar dengan jiwa dan hartanya di jalan Allah kemudian ia tidak kembali membawa sesuatu.” (HR. Abu Dawud dan lainnya)

BACA JUGA:  Waktu Durasi Puasa di Berbagai Negara, di Islandia Sampai 21 jam

Niat Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Niat Puasa Dzulhijjah

Puasa sunnah ini dikerjakan pada 1-7 bulan Dzulhijjah. Berikut bacaan niat puasa Dzulhijjah beserta jadwalnya. Di tahun 2021 1 Dzulhijjah 1442 H jatuh pada hari Minggu, 11 Juli 2021. Berikut jadwal puasa bulan Dzulhijjah menjelang Idul Adha 2021:

1-7 Dzulhijjah 1442 H – Minggu, 11-17 Juli 2021

Dibawah ini niat puasa Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

BACA JUGA:  Twibbon Photo Profil Ucapan Idul Adha Keren dan Profesional

Niat Puasa Tarwiyah

Puasa sunnah ini dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah – Minggu 18 Juli 2021

Dibawah ini niat puasa Tarwiyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.

Niat Puasa Arafah

Puasa sunnah ini dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah satu hari sebelum hari raya Idhul Adha atau pada tanggal 19 Juli 2021 yang jatuh pada hari senin.

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

Itulah amalan puasa yang dapat dikerjakan pada bulan Dzulhijjah untuk menambah amal kita. Semoga dengan melakukan amalan tersebut dapat meningkatkan iman kita kepada Allah SWT.