fbpx
cara mengatasi laptop lemot

Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

Halo Sobat FreeZone, Bagaimana sih cara mengatasi laptop yang lemot? Ada beberapa factor yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Jadi untuk mengatasinya kita harus mengetahui factor-faktor penyebabnya.

Berikut 3 Faktor Penyebab Laptop Lemot

  1. RAM

RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak.

Untuk saat ini bagi pengguna windows 10 ke atas minimal RAM agar laptop tidak lemot adalah 4GB semakin tinggi semakin baik. Jika kalian telah menggunakan RAM 4GB dan laptop masih terasa lemot cobalah upgrade ke 8GB atau cek factor lain penyebab lemot.

  1. HDD

Hardisk adalah tempat penyimpanan di laptop, hardisk juga berpengaruh terhadap kecepatan laptop. Hardisk yang error biasa menyebabkan akses pada laptop menjadi lemot. Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat melakukan check disk hardisk agar performa hardisk menjadi lebih cepat lagi.

Saat ini ada hardisk model baru dengan tipe SSD (Solid State Drive) yang memiliki kecepatan berkali kali lipat dari hardisk sebelumnya.

Untuk kalian yang ingin mencoba meningkatkan kecepatan laptop anda, cobalah untuk upgrade HDD ke SSD sebelum melakukan upgrade RAM.

TRENDING:  Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Berkali kali lipat
  1. Sistem

Sistem yang error juga mempengaruhi kecepatan laptop, hal ini biasa dipengaruhi oleh virus, malware ataupun trojan.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk update antivirus dan lakukan scanning antivirus pada hardisk  ataupun flash disk.

  1. Startup

Start up pada windows juga berpengaruh pada kecepatan laptop. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada saat startup akan menyebabkan laptop lama pada saat di nyalakan.

Untuk mengatasi hal ini kurangi aplikasi yang berjalan pada saat startup. Untuk pengguna windows 10 caranya tekan CTRL + ALT + DEL kemudian pilih Task Manager. Pada tampilan task manager pilih tab Startup.

mengatasi laptop lemot

Perhatikan daftar aplikasi yang sedang berjalan, pilih aplikasi yang tidak begitu penting dan ubah statusnya menjadi disable.

  1. Drive C

Perhatikan juga penyimpanan pada drive C. Kenapa? Karena pada drive ini tempat penyimpanan file system. Jika drive C anda full ini juga dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Usahakan penyimpanan pada drive ini dibawah dari 80%.

mengatasi laptop lemot

Untuk mengurangi drive C yang cepat full, cobalah untuk mengosongkan Recycle Bin pada laptop dan kurangi menyimpan file di My Document. Hapus file pada folder download atau pindahkan di drive D.

Hindari untuk menyimpan file di Drive C, Desktop ataupun My Document.

Itulah cara mengatasi laptop yang lemot, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *