fbpx

3 Cara Mudah Screenshot di Laptop

Halo Sobat FreeZone, di artikel kali ini admin akan share beberapa cara screenshot dan menyimpan hasilnya dalam bentuk gambar di laptop. Screenshot atau biasa disebut juga dengan screen capture adalah mengambil mengambil gambar tampilan layar pada latop ataupun pc. Istilah ini juga digunakan untuk menangkap tampilan layar smartphone.

Untuk dismartphone Ketika kita melakukan screenshot hasilnya akan langsung tersimpan dalam bentuk gambar. Bedah lagi nih halnya dengan di laptop ataupun computer. Hasil print screen harus kita edit dulu baru deh kita simpan dalam bentuk gambar.

Namun jangan khawati sobat, admin punya cara untuk hasil screenshot bisa langsung menjadi file gambar. Lihat caranya dibawah ini. Untuk menangkap tampilan layar pada laptop, kalian hanya perlu menekan tombol prt sc (Print Screen) setelah itu buka beberapa aplikasi seperti Ms Word, Excel ataupun Paint untuk mengedit atau menyimpan hasil tangkapan layar.

BACA JUGA:  Higgs Domino RP APK Versi Terbaru 2021 Dengan Koin Melimpah

Untuk edit hasil print screen di laptop ada beberap cara yang akan admin share yaitu:

3 Cara Edit Hasil Screenshot di Laptop

1. Edit Menggunakan Ms Word/Ms Excel

Setelah menekan tombol prt sc kemudian buka ms word lalu tekan Ctrl + V (paste) untuk menyimpan hasil tangkapan layar di Ms Word. Lakukan Langkah ini jika kalian memang ingin membuat sebuah laporan dengan tangkapan layar di ms word.

Setelah Paste hasil screen capture di word, tinggal edit ukuran gambar sesuai dengan yang diinginkan.

Kekurangan dengan cara ini adalah hasil screenshot berada dalam file ms word.

BACA JUGA:  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah di Hapus Oleh Pengirim

Cara ini juga dapat kalian lakukan pada aplikasi Office lainnya seperti ms excel dan power point.

2. Edit Menggunakan Aplikasi Paint

Pilih layar laptop yang akan anda tangkap, tekan prt sc pada keyboard, kemudian buka aplikasi paint. Aplikasi paint ini merupakan bawaah dari windows, jadi tidak perlu dilakukan install lagi.

Setelah buka aplikasi paint kemudian tekan CTRL + V (Paste) pada keybord maka hasil tangkapan layar akan berada pada aplikasi paint. Untuk menyimpannya cukup tekan CTRL + SAVE atau klik File kemudian save as, dan simpan dengan format yang diinginkan. Ada beberapa format yang bisa digunakan di paint yaitu, format PNG, JPG, BMP dan Gift.

cara screenshot di laptop

3. Print Screen Menggunakan Aplikasi LighShot

cara screenshot lightshot

Nah ini dia aplikasi favorit admin, dengan menggunakan lightshot kita tidak perlu lagi membuka aplikasi lain pada saat menekan tombol prt sc, karena secara otomatis akan muncul pilihan untuk menseleksi tangkapan layar.

BACA JUGA:  Aplikasi JPG to PDF: Mengubah Gambar Menjadi Dokumen PDF dengan Mudah

Tapi sebelumnya instal dulu aplikasi lightshot ini. Setelah berhasil instal, cobalah tekan tombol prt sc pada keyboard, maka kita akan disuruh seleksi tampilan layar yang akan dissave. Setelah seleksi, kita dapat langsung menambahkan teks, tanda panah dan lain sebagainya. Kerennya lagi nih, kita dapat seleksi tampilan layar dengan bebas. Contoh gambar diatas adalah tangkapan layar menggunakan aplikasi lightshot.

Untuk menyimpan cukup langsung tekan tombol save dan hasil screen capture layar akan tersimpan dalam bentuk jpg.