fbpx
cara share screen zoom

Cara Share Screen Zoom dan Pengaturannya

Cara Share Screen di Zoom. Halo sobat freezone, menggunakan zoom untuk virtual meeting sudah sangat banyak penggunanya. Dan ada salah satu fitur penting yang disediakan zoom khusus untuk virtual meeting, persentase dan lain sebagainya. Fitur tersebut adalah share screen.

Dengan fitur ini kita dapat menampilkan persentase ataupun bahan ajaran langsung kepada peserta meeting.

Ada dua cara untuk melakukan share screen pada aplikasi zoom yaitu:

Share Screen di Zoom Mac dan Windows

Cara ini sangat mudah pada saat meeting dimulai ada menu share screen yang berada dibagian tengah bawah. Klik pada menu tersebut untuk memulai share screen. Jika anda sebagai peserta meeting, untuk share screen tidak bisa langsung bisa kecuali host yang memulai meeting merubah settingan agar semua peserta dapat share screen. Jika host hanya memilih bahwa yang berhak untuk share screen hanya host saja. Maka fungsi share screen tidak akan aktif pada peserta meeting.

cara share screen di zoom

Pada saat kita akan share screen di tampilan jendela share screen terdapat 3 menu pilihan yaitu:

 

Basic

share screen basic

Pada pilihan ini kita di arahkan untuk memilih salah satu aplikasi atau tampilan yang akan di share. Contoh diatas, kalau kita ingin semua screen pada laptop di share, maka kita pilih pilihan screen. Kalau hanya untuk share aplikasi yang sedang berjalan maka pilihannya adalah aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Contoh diatas, ada aplikasi chrome, word dan opera. Pilih salah satu aplikasi tersebut yang ingin dishare ke peserta.

TRENDING:  Cara Mudah Mengganti Background di Zoom

Advance

share screen advance zoom

Pada pilihan ini ada 5 pilihan cara share screen. Yang pertama Power Point as Virtual Background, portion screen, computer audio, video dan content pada kamera kedua. Yang jadi perhatian admin disini adalah portion screen. Jika kita memilih pilihan ini, kita dapat menentukan bagian mana pada screen yang akan dishare. Contohnya seperti dibawah ini, area dalam kotak berwarna hijau yang akan tampil pada layar peserta.

File

Pada pilihan ini kita dapat share file pada dropbox, Microsoft one drive, google drive, box dan Microsoft sharepoint. Pilihan file ini sangat jarang sekali digunakan karena kebanyakan para host yang menggunakan fitur share screen layar.

Share Screen dan Join Meeting

share screen dan join meeting zoom

Cara ini kita gunakan untuk share screen dan join pada meeting. Jadi keadaannya disini adalah kita belum join meeting. Menu share screen ini dapat kita jumpai pada halam utama zoom. Ketika menu ini di klik, kita akan diminta memasukkan sharing key atau meeting ID. Setelah itu klik share screen dan secara otomatis kita telah join suatu meeting dan siap untuk share screen.

Settingan Share Screen untuk Host

Bagi host nih yang membuat virtual meeting, harus memperhatikan settingan pada menu share screen. Jika partisipan tidak boleh untuk share screen. Sebaiknya ikuti settingan dibawah ini caranya klik tanda panah atas pada menu share screen dan pilih Advanced Sharing Options, maka akan muncul tampilah settingan seperti contoh dibawah ini

settingan share screen zoom

Jika virtual meeting memperbolehkan semua peserta untuk melakukan share screen. Maka ubah pilihan diatas untuk memperbolehkan all participants untuk share screen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.