fbpx
cek tagihan bpjs via tokopedia

4 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

FreeZone88 – Halo sobat freezone, bagi pengguna bpjs mandiri untuk mengecek tagihan bpjs ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Dengan mengecek iuran bpjs, masyarakat bisa mengetahui berapa premi yang harus dibayarkan setiap bulan.

Ada beberapa cara untuk mengecek tagihan bpjs Kesehatan. Yuk simak caranya dibawah ini.

Cara Mengecek Iuran BPJS Kesehatan

  1. Cek menggunakan aplikasi JKN

Aplikasi JKN adalah aplikasi untuk memudahkan peserta BPJS untuk mendapatkan pelayanan bagi para peserta Jaminan Kesehatan Sosial (JKN)-KIS secara online.

Dalam aplikasi ini terdapat seluruh informasi mengenai BPJS Kesehatan, rumah sakit rujukan, poli klinik dan info dokter rujukan.

Untuk mengecek jumlah tagihan premi, masuk ke menu premi, maka akan muncul jumlah tagihan premi yang harus dibayarkan. Jika status BPJS kalian adalah dari perusahaan, maka tagihan tidak akan muncul karena akan ditagihkan langsung ke perusahaan tempat anda bekerja.

cek iuran bpjs via jkn

  1. Cek Premi BPJS via SMS

Anda dapat melakukan pengecekan tagihan BPJS jika tidak ada jaringan internet. Caranya cukup mudah, lihat contoh sms dibawah ini:

“NIK(spasi)NIK” kirim ke SMS Center 08777 5500 400

Cara lainnya adalah:

“NOKA(spasi) NokartuBPJS” kirim ke 08777 5500 400

  1. Cek tagihan BPJS Kesehatan via website

Buka laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ isi data anda, maka secara otomatis system akan menampilkan informasi pembayaran. Disini juga akan ditampilkan denda jika ada keterlambatan pembayaran premi.

Hanya saja kadang pengecekkan melalui situs resmi diatas, sering mengalami gangguan.

  1. Cek Tagihan BPJS via Tokopedia

Tokopedia bukan hanya online shop saja, sekarang banyak fitur-fitur pembayaran yang disediakan di Tokopedia. Salah satunya adalah pembayaran iuran bpjs. Anda juga bisa langsung mengecek tagihan dan melakukan pembayaran via online shop ini.

Caranya masuk di laman https://www.tokopedia.com/top-up-tagihan kemudian pilih BPJS. isi jenis BPJS, karena disini yang akan dicek adalah BPJS Kesehatan, pilih BPJS Kesehatan.

Masukkan no virtual account keluarga BPJS. No virtual ini didapatkan Ketika melakukan pendaftaran BPJS.

cek tagihan bpjs via tokopedia

Setelah itu klik Bayar. Jika tagihan sudah terbayarkan maka akan ada informasi bahwa tagihan sudah dibayar, jika belum, akan muncul jumlah premi yang harus dibayarkan dan anda dapat langsung melakukan pembayaran via Tokopedia.

Itulah 4 cara Mengecek tagihan BPJS Kesehatan. Semoga Bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.