alat ukur saturasi oksigen

Berapa Saturasi Oksigen Normal dan Cara Ukurnya

FreeZone88 – Halo sobat, di saat pandemi Covid-19 sebaiknya kita mengatahui jumlah saturasi oksigen normal. Sebab bagi pasien yang terpapar virus covid-19 ini harus menjaga saturasi oksigennya.

Sebelumnya kita tahu dulu arti dari saturasi oksigen. Saturasi oksigen adalah para parameter penting untuk menentukan kadar oksigen di dalam darah.

Seperti yang dilansir dari News Medical Life Sciences, saturasi oksigen adalah mengukur persentase oksihemoglobin (hemoglobin yang terikat oksigen) dalam darah, dan direpresentasikan sebagai saturasi oksigen arteri (SaO2) dan saturasi oksigen vena (SvO2).

Bagi orang dewasa saturasi oksigen normal SaO2 adalah 95 – 100%. Dan apabila nilainya lebih rendah dari 90% dianggap saturasi oksigen rendah, sehingga membutuhkan pasokan oksigen eksternal.

Cara mengukur saturasi oksigen

Menggunakan Oximeter

Terdapat dua cara untuk mengukur saturasi oksigen yakni dengan menggunakan oximeter dan analisis gas darah. Namun cara yang paling umum untuk mengukur saturasi oksigen adalah oximeter karena metode ini lebih mudah dan tanpa rasa sakit.

TRENDING:  Photo Profil Twibbon Hari Koperasi 12 Juli 2021 Keren

Oximeter berbentuk klip yang ditempatkan di ujung jari tangan atau daun telinga. Alat ini mengukur saturasi oksigen dengan menggunakan sinar inframerah yang diserap oleh darah.

Analisis Gas Darah

Analisis gas darah adalah cara lain untuk mengukur saturasi oksigen dengan mengukur tingkat oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Cara ini lebih akurat karena dilakukan di rumah sakit dan dikerjakan oleh tenaga medis profesional.

Cara analisis gas darah yaitu darah dikumpulkan dari pergelangan tangan (analisis gas darah arteri) atau daun telinga (analisis gas darah kapiler). Cara ini umum digunakan untuk untuk menentukan apakah paru-paru berfungsi penuh untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida secara efektif.

Jika saturasi oksigen dalam darah rendah ini biasa disebut juga dengan hipoksmia. Hipoksemia dapat diakibatkan oleh komplikasi kardiopulmoner, sleep apnea, obat-obatan tertentu, atau Ketika berada di ketinggian.

Cara meningkatkan saturasi oksigen

Untuk meningkat saturasi oksigen diperlukan tambahan oksigen eksternal. Sedangkan untuk kondisi ringan hingga sedang, ada cara alami untuk meningkatkan tingkat saturasi oksigen darah. Contohnya melakukan latihan fisik setiap hari yang dapat meningkatkan kapasitas paru-paru untuk pertukaran gas.

TRENDING:  Cara Memperbaiki Data Yang Salah Pada Sertifikat Vaksin Covid-19

Makan makanan bergizi dan seimbang juga dapat meningkatkan saturasi oksigen dalam darah. Pilihlah makanan yang mengandung Zat besi, karena zat besi adalah salah satu penyebab utama saturasi oksigen rendah. Makanan yang kaya akan zat besi adalah daging, ikan, kacang merah, lentil, dan kacang mete.

Itulah cara mengukur saturasi oksigen dan penanganan yang dapat dilakukan jika saturasi oksigen dalam darah rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.