niat puasa senin kamis
image source: freepik.com

Niat Puasa Senin Kamis dan Pandangannya

Salah satu amalan dari Nabi Muhammad SAW adalah puasa di hari senin dan kamis. Puasa ini merupakan sunnah sehingga boleh di kerjakan ataupun tidak.

Puasa tersebut bisa di lakukan keduanya atau hanya salah satunya saja. Tetapi lebih diutamakan jika dilakukan kedua puasa tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa tidak hanya menambah amal ibadah kita, tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk Kesehatan.

TRENDING:  Niat Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah

Sama seperti puasa pada bulan Ramadhan, puasa senin kamis memiliki niat dan wajib di lakukan hingga waktu berbuka pada saat adzan magrib.

Puasa Senin Kamis ini tak wajib dilakukan selama dua hari, Anda bisa memilih salah satunya tapi akan lebih baik jika dilakukan di kedua hari tersebut.

Niat Puasa Hari Senin dan Kamis

Niat puasa Senin

Dibawah ini adalah niat puasa di hari senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala”

 

Niat Puasa Kamis:

Berikut ini adalah niat puasa di hari kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala.”

Berikut beberapa pandangan tentang puasa senin kamis

“Dari Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah ketika ditanya tentang puasa hari Senin mengatakan, ‘Itu (hari Senin) adalah hari kelahiranku, hari kerasulanku atau hari penurunan wahyu kepadaku.'” bunyi hadist riwayat Muslim seperti yang dilansir situs nu online, Senin (26/7/2021)

Sedangkan menurut Kitab Hasyiyah al-Bujairami hari Senin adalah hari kedua dari penciptaan seluruh makhluk selain bumi. Dan pada hari Kamis merupakan hari kelima penciptaan seluruh makhluk selain bumi.

Pandangan lain menurut Usamah bin Zaid bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari penyetoran amal manusia. Inilah mengapa pada hari senin dan kami akan lebih baik jika dlalui dengan berpuasa.

Itulah niat dan pandangan singkat mengenai puasa di hari senin dan kamis. Semoga kita bisa melaksanakan ibadah puasa ini dengan penuh keyakinan untuk menambah amal ibadah kita. Aaminn.

Leave a Reply

Your email address will not be published.