mengatasi hp lemot dan lag
image source: freepik

10 Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot Saat Nge Game

Halo sobat FreeZone, bermain game dengan menggunakan smartphone menengah kebawah atau yang lebih trendnya hp kentang sering sekali kita merasakan lag. Hal inipun berdampak dalam proses permainan, kadang nih lag yang timbul membuat kita kalah dalam permainan.

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengoptimalkan performa hp kalian. Karena sebenarnya hp menengah kebawah tidak dapat betul-betul kita buat agar bisa memainkan game dengan kualitas bagus dan tanpa lag. Tetapi kita dapat mengoptimalkan smartphone tersebut agar berjalan lancar pada saat bermain game.

Tetapi sebelumnya kita harus tahu dulu apakah pada saat bermain game terjadi lag karena jaringan atau factor dari ponsel kalian sendiri.

TRENDING:  6 Aplikasi Game Penghasil Uang Terbukti Cair

Tips yang admin akan share dibawah ini adalah tips-tips sederhana, tetapi cukup powerfull untuk mengatasi lag pada smartphone kalian.

10 Cara Mengatasi HP Lag dan Lemot

  1. Ruang Penyimpanan

Kenapa admin menempatkan ruang penyimpanan di urutan pertama? Begini nih sobat, pada saat pertama kali kita membeli smartphone dan memainkan game, maka akan terasa smoth dan lancar. Tetapi selang beberapa bulan atau tahun, game tiba-tiba sering mengalami lag.

Hal ini bisa jadi penyebabnya adalah ruang penyimpanan yang hampir mendekati full. Pastikan ruang penyimpanan kalian dibawah 80% untuk melonggarkan system smartphone kalian bekerja. Penyimpanan yang full akan membuat performa hp kalian menjadi turun dan menyebabkan lag pada saat bermain game. Cobalah cara ini > mengatasi penyimpanan full hp android dan penyebabnya.

Tips:

– Hapus atau pindahkan file yang tidak penting ke computer atau media penyimpanan kalian seperti hdd eksternal dan flashdisk

– hapus aplikasi yang menurut kalian jarang kalian gunakan

– hapus cache, cache yang menumpuk juga dapat meningkatkan penggunaan penyimpanan smartphone

  1. Aktifkan Fitur Force 4x MSAA

Aktifkan fitur ini untuk memaksa smartphone kalian meningkatkan performa grafish dalam bermain game. Sehingga membuat permaianan jadi lebih ringan dan smoth. Tapi kalian harus tau nih, dengan mengaktifkan fitur ini battery kalian akan terasa boros. Jadi aktifkan fitur ini saat kalian bermain game saja ya.

Cara aktifkan fitur ini adalah masuk ke menu Setting – Additional Settings – Developer Options scrol kebawah hingga tampil seperti gambar dibawah ini dan aktifkan fitur Force 4x MSAA

atasi lag saat main game

  1. Uninstall aplikasi yang tidak perlu

Seperti yang sudah admin bahas di point 1, uninstall aplikasi yang jarang kalian gunakan. Kadang kita mencoba beberapa aplikasi tetapi kita lupa untuk menguninstallnya. Padahal aplikasi tersebut jarang sekali kita gunakan ataupun tidak pernah kita gunakan. Apa lagi ini aplikasi tersebut berjalan di belakang layar sehingga notifikasinya selalu muncul.

TRENDING:  Cara Mendapatkan Uang dari HP atau Smartphone Android

Aplikasi yang berjalan dibelakang layar dapat menurunkan performa hp kalian. Karena aplikasi tersebut akan terus berjalan walaupun kalian tidak membukanya.

  1. Non aktifkan Aplikasi Yang Berjalan di Belakang Layar

Tahukah kalian banyak aplikasi yang kalian install berjalan di belakang layar. Contohnya semua aplikasi social media. Kenapa bisa dikatakan berjalan dibelakang layar, karena walaupun kita tidak membuka aplikasi tersebut, notifikasi aplikasi selalu muncul.

Bukan hanya aplikasi sosial media saja, ada juga beberapa aplikasi yang memiliki fitur ini. Jadi cobalah untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Ini akan berpengaruh sekali terhadap performa aplikasi karena beban processor telah berkurang. Sehigga Ketika bermain game, processor lebih focus ke game kalian.

  1. Perbarui sistem Android

Pastikan kalian selalu update OS (Operating System) smartphone kalian. Karena setiap ada pembaruan akan ada optimasi yang diberikan. System yang terupdate akan memperbaiki kesalah-kesalahan pada system sebelumnya sehingga performa hp kalian makin josh.

TRENDING:  Mengatasi Tulisan Terganti Sendiri pada Keyboard Smartphone
  1. Gunakan aplikasi peningkatan kinerja game

game turbo meningkatkan performa hp

Banyak aplikasi tersedia di Google Play Store untuk meningkatkan kinerja smartphone kalian. Kamu dapat menginstal aplikasi-aplikasi itu ke telepon untuk meningkatkan kualitas grafis dan kinerja hp kalian.

Aplikasi yang dapat kalian gunakan adalah game boost yang hadir dengan pengaturan fitur khusus yang hanya berfungsi saat bermain game atau dapat mengubah pengaturan secara manual. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti DU Speed Booster, Swift Gamer, Game Booster, Systweak Android Cleaner, ataupun aplikasi lainnya.

Bebarapa smartphone juga telah terinstal aplikasi Game Booster, contohnya pada hp xiaomi yang telah terinstal aplikasi Game Turbo.

  1. Matikan Animasi

Animasi pada ponsel juga mempengaruhi performa hp kalian. Jadi jika kalian sudah melakukan Langkah-langkah optimasi diatas, namun masih merasa kurang. Cobalah untuk menonaktifkan animasi pada smartphone android kalian.

Caranya masuk kedalam opsi pengembang telepon cari skala animasi jendela. Lalu pilih skala animasi 10x. Jika kamu memilih pilihan ‘Animasi Mati’, maka layar ponselmu akan muncul tanpa animasi.

  1. Perbarui game

Sama seperti system operasi, game yang anda mainkan juga akan terus melakukan update update terbaru untuk meningkatkan performa bermain game yang lancar dan menyenangkan.

Pengembang game akan merilis tambahan untuk memperbaiki masalah pengoptimalan. Mereka akan menghapus bug yang dapat menyebabkan keterlambatan sehingga menurunkan kecepatan bermain game.

Update game kalian untuk memastikan ponselmu memiliki build terbaru dari pengembang untuk mengurangi masalah pada game.

  1. Matikan mode hemat daya

Mode Hemat daya ternyata cukup berpengaruh kepada kinerja smartphone kalian. Karena dengan adanya hemat daya maka ponsel akan membatasi kerja CPU. Dan pastinya ini akan berdampak pada saat kita bermain game.

Cobalah untuk mematikan mode ini untuk memastikan processor smartphone kalian bekerja semaksimal mungkin saat kalian bermain game.

TRENDING:  10 HP Gaming Terbaik 2021 Auto Lancar Saat Main Game

Matikan mode ini saat kalian bermain game saja. Soalnya mode ini juga sangat berguna untuk menghemat daya smartphone kalian.

  1. Instal aplikasi versi lite

Pada point 3 diatas jika aplikasi kalian terasa sangat penting atau merupakan aplikasi favorit sehingga kalian tidak ingin menghapusnya. Kalian dapat mencoba alternatif lainnya yaitu dengan menggunan aplikasi versi Lite.

Beberapa aplikasi sosial media sudah menyediakan aplikasi versi lite yang diperuntukan khusus bagi smartphone dengan performa standart. Memiliki ukuran yang lebih kecil dan fitur yang ringan cocok untuk membantu meningkatkan performa smartphone kalian guys.

Itulah 10 cara optimasi hp kalian agar bermaian game tidak lag lagi. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.