fbpx
aplikasi cek bansos kemensos

Cara Daftar Penerima Bantuan Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Saat ini pemerintah melakukan kemudahan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk mendaftar bantuan melalui aplikasi. Sehingga jika Anda merasa bahwa anda seharusnya menerima bantuan, anda bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi cek Bansos.

Aplikasi Cek Bansos ini merupakan aplikasi resmi dari Kementerian Sosial yang dirancang agar bisa meningkatkan ketepatan penyaluran bantuan sosial dengan mengecek nama penerima, usul dan sanggah.

TRENDING:  6 Bantuan Sosial Yang Bakal Cair Segera

Dengan fitur pada aplikasi cek Bansos masyarakat bisa mengontrol pembaruan data dan juga dapat melihat daftar penerima bantuan sosial yang ada di sekitar wilayah administrasinya.

TRENDING:  Cara Cek Nama Penerima Bansos Terdampak PPKM Darurat

Selain itu masyarakat juga dapat memberikan sanggahan terhadap penerima bantuan yang dianggap tidak layak. Hal ini karena banyaknya keluhan masyarakat mengenai penyaluran Bantuan Sosial yang tidak tepat Sasaran.

Cara Daftar jadi Penerima Bansos

Download aplikasi Resmi Cek Bansos dengan link dibawah ini

Download

Lakukan registrasi akun baru dengan menyiapkan data-data pribadi seperti KTP dan KK

Isi semua dengan benar dan lengkap

Setelah masuk ke tampilah halaman Aplikasi Cek Bansis pilih menu Daftar Usulan dan tambahkan usulan.

Kalian bisa mendaftarkan diri sendiri, keluarga ataupun orang lain yang tidak mendapatkan bantuan pemerintah padahal dilihat dari keadaannya merupakan orang yang tepat untuk mendapatkan bantuan.

TRENDING:  Sosok Doni Salmanan Yang Sawer Reza Arap Rp. 1 M

Ketika data yang kalian kirim berhasil diusulkan maka akan muncul NIK dan status kesesuaian Dukcapil. Anda juga akan mendapatkan data kesesuaian wilayah dengan pengusul Kartu Keluarga.

Fitur Sanggah Untuk Ketepatan Penyaluran Bantuan Sosial

Fitur ini bisa membuat pendistribusian bantuan sesuai target, tepat sasaran dan lebih transparan.

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur Sanggah:

Masuk ke Tanggapan Kelayakan maka akan muncul daftar penerima manfaat, data tampil berdasarkan daftar penerima yang berada di satu kelurahan yang sama dengan akun Anda.

TRENDING:  6 Game Penghasil Uang ke Saldo DANA Terbukti dan Aman

Untuk menyanggah penerima manfaat, kalian pilih data masyarakat yang tidak layak dan pilih ikon “ok” atau “tidak”.

Isi alasan dan pernyataan anda bahwa data tersebut tidak layak mendapatkan bantuan pemerintah dan mengirim tanggapan.

Informasi tersebut akan masuk ke sistem Kementerian Sosial untuk mendapatkan respons.

TRENDING:  Daftar List Aplikasi dan Game Penghasil Uang Terbukti 2021

Namun gunakan menu sanggah ini dengan bijak, sebaiknya cek langsung dulu keadaan orang tersebut. Bisa saja kondisi keuangan mereka yang sebelumnya Anda ketahui sudah berubah semenjak pandemi. Jadi hati-hati dan bijak yah dalam memanfaatkan fitur ini.

TRENDING:  Kartu Prakerja Gelombang 18 Ini Syarat dan Ketentuannya

Data yang kalian sanggah akan di cek juga oleh Kementrian Sosial jika ternyata benar, maka akan langsung di proses sama Kementrian Sosial.

2 comments

  1. Assslammuallai kum buk mentri.saya sdh 17 thn berumah tangga memiliki 2 org anak yang masih sekolah.saya tidak pernah mendapat kan bansos apapun dari pemerintah.pekerjaan saya sebagai pekebun.sudah sering saya mengajukan untuk dapat bantuan dari pemerintahan daerah setempat jawaban mereka itu pusat yang menentukan org” yg menerima bansos.sementara saya tinggal dikampung semuanya di beli.cuma rmh yg tidak menyewa.kemana saya harus mengajukan dan mengadukan keluhan saya ini buk!!!

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh 🙏, saya ibu rumah tangga umur 44 th. suami ku petani umur 44 th.anak 4 laki2 , anak pertama mengalami keterbelakangan mental sejak lahir, tinggal di rumah orang tua sampai sekarang belum pernah terima bantuan, bansos,PKH, bantuan anak cacat.aku dan keluarga mohon bantuan untuk keluarga saya 🤲🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.