bantuan stb gratis dari pemerintah
image source: freepik.com

Cara Daftar Bantuan STB TV Gratis Dari Pemerintah

Halo sobat FreeZone, Pemerintah saat ini telah menetapkan kebijakan mengenai peralihan siaran TV analog ke TV digital yang dimulai bertahap sejak Agustus 2021.

Peralihan ini tanpa perlu mengganti televisi, kamu dapat memperoleh Set Top Box (STB) secara gratis yang akan dibagikan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta penyelenggara multipleksing (mux).

TRENDING:  Kartu Prakerja Gelombang 18 Ini Syarat dan Ketentuannya

Namun untuk mendapatkan STB gratis tersebut ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Pembagian alat Set Top Box gratis ini guna untuk mengubah siaran TV analog ke digital.

TRENDING:  Panduan Install Aplikasi Cek Bansos Resmi dari Kementrian Sosial

Kegunaan fungsi Set Top Box (STB) mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara dalam format analog agar dapat tampil di layar TV analog.

Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga miskin yang memiliki perangkat televisi TV analog. Keuntungan menggunakan STB adalah membuat TV analog menerima siaran TV digital dengan kualitas tayangan yang baik.

“Sehubungan dengan pengakhiran siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama yang akan dilaksanakan pada 30 April 2022, warga Indonesia yang masuk ke dalam kriteria penerima bantuan bisa mendapatkan STB gratis,” kata Marvels Situmorang selaku Plt Direktur Pengembangan Pita Lebar Ditjen PPI Kemenkominfo RI.

TRENDING:  Cara Daftar Penerima Bantuan Melalui Aplikasi Cek Bansos Kemensos.

Untuk menerima bantuan STB ini, masyarakat harus memenuhi beberapa syarat penerima bantuan Set Top Box (STB) gratis sebagai berikut.

Berikut Syarat Penerima Bantuan Set Top Box (STB) Gratis

  1. WNI (dibuktikan dengan punya e-KTP)
  2. Rumah tangga miskin dan punya televisi, terdaftar di DTKS atau perangkat daerah bidang sosial
  3. Berada di lokasi yang masuk cakupan wilayah layanan siaran TV digital terestrial (yang akan terdampak Analog Switch Off/ASO)
TRENDING:  Cara Cek Penerima Bantuan Usaha Mikro 2021

Itulah syarat untuk menerima Bantuan Set Top Box (STB) Gratis. Rencananya penyaluran bantuan STB gratis akan dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penerima bantuan mengambil di suatu tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah daerah setempat maupun pelayanan door-to-door.
  2. Pendataan calon penerima bantuan STB ini dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.
  3. Melengkapi data seperti nama, alamat, NIK, KK, memiliki TV atau tidak, dan daya listrik yang akan diverifikasi.
TRENDING:  Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP

Bagi kalian yang ingin mendaptkan bantuan STB gratis segera, persiapkan data diri dan menunggu informasi lebih lanjut dari RT ataupun Lurah setempat.

5 comments

  1. Permohonan STB gratis dari kemenkeminfo

  2. Permohonan Stb tv digital dari kemenkeminfo

  3. Saya lom pernah dapat bantuan sama x rumah numpang hidup miskin…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.