fbpx

Penyebab Hotspot Mikrotik Sering Disconnect

Hotspot Mikrotik

Para pengguna hotspot mikrotik mungkin pernah mengalami disconnect user hotspot, sehingga perlu login kembali untuk akses internet.

Hal inilah yang saya alami ketika maintenance hotspot mikrotik teman. User hotspot akan disconnect kurang dari 5 menit, dan sangat menggangu ketika sedang melakukan browsing.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Penghasil Uang Terbukti 2021

Hal yang pertama saya cek adalah idle time out pada hotspot. kemudian saya merubah idle time out selama 10 menit lebih besar dari sebelumnya yaitu 5 menit.

Setelah saya merubah settingan idle time out, saya mencoba restart mikrotik dan login hotspot mikrotik, alhasil belum cukup 5 menit user kembali disconnect heheh.

BACA JUGA:  Cara Ampuh Mengatasi Radius Server Is Not Responding Mikrotik Hotspot

Karena penasaran, saya mencoba mencari dan  bertanya tentang penyebabnya pada forum-forum mikrotik dan akhirnya ketemu juga penyebab user disconnet.

Bukan dari settingan mikrotiknya melainkan dari hardware hotspot mikrotik itu sendiri. Penyebabnya adalah kabel penghubung ke antena sectoral.

Setelah dilakukan pergantian kabel Alhamdulillah masalah disconnect user hotspot tidak lagi terjadi. Sehingga user pengguna hotspot tidak lagi terganggu ketika sedang browsing.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Winbox selalu disconnect