fbpx

Mengganti Tema Template Pada Drupal

Tema Drupal
Cara merubah tema cms drupal – Mengganti tema atau template di CMS drupal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, Karena telah banyak disediakan tema tema gratisan untuk website berbasis cms drupal. Ada yang disediakan langsung di web drupal maupun website penyedia tema-tema gratisan.


Ada 2 tipe tema yang dapat di download dan diterapkan pada cms drupal pertama tema yang sudah lengkap yaitu tema yang tinggal siap pakai dan tema yang hanya menyediakan rangka dasar dan perlu dilakukan design tambahan dan keahlian khusus dalam bahasa pemograman seperti css html dan php contohnya pada tema omega dan zen.

Kali ini saya akan bahas tentang bagaimana cara mengganti tema pada drupal dengan menggunakan tema yang sudah siap pakai. Lakukan pencarian tema yang di website drupal ataupun di website lain penyedia tema drupal. Lakukan pencarian di google dengan kata kunci ‘download free template drupal’ Sebagai contoh disini saya mengunduh tema marinelli yang saya unduh langsung di web drupal.

Untuk mengganti tema drupal ikuti langkah-langkah berikut :

Ekstra tema yang telah di download kemudian tempatkan dalam folder c://xamp/htdocs/drupalku/sites/all/themes. Buka browser masuk ke website drupal dengan menggunakan login admin, kemudian klik menu appereance. Scroll mouse kebawah dan cari nama tema yang telah di download lalu klik enable and set default. contoh dibawah ini saya mengaktifkan tema marinelli dengan mengklik enable and set default.

Cara ganti tema drupal


Tunggu hingga proses pergantian tema selesai. Klik Home untuk melihat hasil perubahan tema web drupal anda.