fbpx

Komputer Sering Restart Ini Penyebabnya

cara mengatasi pc restart

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Restart. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya komputer sering restart. Mulai dari kerusakan windows,  hardware dan lain-lain. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman untuk menghadapi komputer yang sering restart.

Dibawah ini adalah faktor Komputer sering restart, dari pengalaman ane :
1. Sistem Operasi
Paling banyak saya temukan adalah kerusakan pada sistem. Bisa jadi penyebabnya adalah serangan dari Virus. Kalau kerusakan pada sistem cara mengatasinya dapat dengan restore sistem windows ataupun lakukan install ulang windows.

Baca Juga : Cara Mempercepat Loading Windows

2. Hardware
Penyebab lain adalah faktor hardware. Kemungkinan yang terjadi adalah salah satu hardware komputer menjadi penyebab terjadinya restart pada komputer. Paling sering yang bermasalah adalah memori RAM. Selain itu Power Suplay, Mainboard, Processor dll juga salah satu penyebabnya.
3. Listrik
Pasokan listrik yang masuk kedalam Komputer juga mempengaruhi terjadinya restart pada komputer. Saya mengetahui hal ini ketika salah satu dari 3 komputer milik saya sering restart pada saat lepas magrib hingga jam 8. Awalnya saya mengira ini terjadi karena kerusakan memori dan hardware sayapun melakukan penggantian memori RAM, Install ulang sistem operasi namun tetap saja komputer ane yang satu ini selalu restart pada saat magrib. Karena sering restartnya pada saat jam tertentu. saya mencoba untuk mengecek tegangan listrik pada saat itu dan ternyata tegangan listrik tersebut turun pada saat magrib dan akan normal kembali pada jam 8. Nah dari sini saya simpulkan bahwa ternyata pasokan listrik yang masuk juga salah satu penyebabnya.

Baca Juga : Aplikasi Lighshot Mempermudah Screenshot/Caputer di Windows

Untuk mengatasi tegangan listrik yang tidak stabil bisa menggunakan stabilizer agar tegangan yang masuk ke komputer stabil, walaupun tegangan listrik sedang down.
Itulah beberapa faktor terjadinya restart pada komputer dari pengalaman ane. semoga bermanfaat