fbpx

Aplikasi Screen Recorder Camtasia Untuk Video Tutorial

Aplikasi screen recorder Camtasia. Camtasia merupakan salah satu aplikasi untuk merekam desktop computer. Biasanya digunakan oleh para pembuat video tutorial. Selain fungsinya sebagai perekam aktivitas desktop, camtasia juga mempunyai fungsi untuk mengedit langsung hasil video yang direkam ataupun video lainnya.

Aplikasi inilah yang saya gunakan untuk membuat video tutorial. Hasil dari rekaman dengan menggunakan aplikasi ini pun sangat bagus. Namun untuk lebih memaksimalkan penggunaan aplikasi ini sebaiknya anda mempunyai spek vga computer yang bagus.
Keunggulan dari aplikasi ini adalah fitur-fitur yang disediakan untuk pengeditan video tutorial seperti penggunaan callouts, zoom in, audio dan lain sebagainya. Yang paling saya suka dengan aplikasi ini adalah penggunaan fungsi callouts dan fungsi zoom in. Fungsi tersebut membantu membuat video tutorial yang kita buat lebih mudah di mengerti oleh orang yang akan melihat video tutorial.
Fungsi Callouts

Fungsi ini untuk memberikan keterangan pada video yang seperti pengguaan tanda panah, penggunaan lingkaran yang dapat mengarah pada video yang di fokuskan. Lihat contoh fungsi callout pada camtasia dibawah ini :
aplikasi screen recorder untuk membuat video tutorial
Fungsi Zoom In
Fungsi ini juga sangat penting pada saat kita membuat sebuah video tutorial. Karena kita dapat melakukan zoom in pada area tertentu dan dapat kembali melakukan zoom out ketika titik focus mouse sudah berpindah atau ketika kita akan mengarahkan video ke arah lain.
Contoh penggunaan zoom in pada camtasia :
aplikasi camtasia untuk membuat video tutorial
Selain fungsi diatas. Camtasia juga menyediakan cara penyimpanan langsung di youtube. Sehingga ketika selesai mengedit video dengan camtasia, bisa langsung upload ke youtube. Jika ingin menyimpanan di computer camtasia juga menyediakan cara penyimpanan dalam bentuk mp4.
Bagi anda yang ingin mencoba membuat video tutorial, dapat mencoba menggunakan aplikasi ini. Masih banyak fungsi yang terdapat pada aplikasi ini, untuk melihatnya silahkan download dan coba sendiri
Selamat mencoba