fbpx

6 Fakta Kehebatan Pesawat R80 Buatan BJ Habibie

6 Fakta Kehebatan Pesawat R80 Buatan BJ Habibie
BJ Habibie (foto:dream.co.id)
Mantan presiden ke-3 RI, BJ Habibie dalam usia 78 tahun kembali ingin membuat PT. Dirgantara Indonesia bangkit. Salah satunya adalah dengan melanjutkan kembali proyek pembuatan pesawat yang pernah tertunda karena terkena dampak krisis moneter 1998.

Dilansir laman Dream.co.id, Pesawat baru besutan Habibie diberi nama Regio Prop 80 (R80) yang merupakan penerus pesawat N250 yang pernah terhenti akibat krisis monter. Pesawat R80 diklaim menggunakan teknologi yang lebih efisien dan canggih, baik dari segi desain dan mesin. 
Dikembangkan oleh PT Ragio Aviasi Industri (RAI), perusahaan perancang pesawat terbang komersil milik Habibie. Pada 2018 pesawat ini sudah siap diproduksi dan didaftarkan sertifikat layak terbang.
Untuk mengetahui kehebatan pesawat R80, dibawah ini adalah ulasan fakta-fakta menarik pesawat R80 seperti yang dilansir Dream.co.id;

1. Bentuk badan pesawat yang lebih besar
Beda dengan N250, setelah dimodifikasi, badannya dibuat lebih besar dengan kapasitas lebih banyak, yaitu sekitar 80-90 kursi.

2. Ekonomis dan Murah
Pesawat R80 lebih ekonomis, harga dan biaya pemeliharaan lebih murah, dan irit bahan bakar karena merupakan pesawat terbang yang menggunakan baling-baling (turboprop). Pesawat ini dapat dikendalikan secara elektronik (fly by wire). R80 memiliki perbandingan antara angin yang dingin dihasilkan dari udara di body pesawat dengan angin yang dikeluarkan pada engine di belakang pesawat lebih tinggi (Bypass ratio). 
“Saya menyampaikan bahwa Airbus atau Boeing itu bypass rationya 12, makin tinggi bypass ratio makin sedikit konsumsi bahan bakar dan lebih cepat, ini (R80) bypass rationya 40, kami perhitungkan pesawat terbang ini sasarannya lebih sedkit 30 persen (penggunaan bahan bakar),” kata Habibie 
Penggunaan Baling-baling pesawat menggunakan teknologi baru yang dapat menentukan antara angin dingin dan angin panas yang dihasilkan dari mesin. Sehingga dengan teknologi tersebut pesawat R80 buatan Habibie ini dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

3. Cocok untuk Negara kepulauan
Yang sangat diperhitungkan Habibie adalah bentuk Negara Indonesia yang merupakan Negara kepulauan. Sehingga R80 didesain untuk rute pendek dengan jarak tempuh kurang dari 600 km dan mampu diakomodasi oleh bandara dengan landasan pendek. Dan kedepannya R-80 bisa menghubungkan pulau-pulau terpencil.

4. Sepenuhnya buatan anak bangsa
Pesawat R80 sepenuhnya dikembangkan oleh tenaga ahli anak-anak bangsa. Desainnya dikerjakan oleh 50 tenaga ahli, termasuk para ahli dari PT Dirgantara Indonesia.

5. Terbang perdana di Majalengka
Untuk peresmian Pesawat R80 akan diterbangkan perdana meresmikan bandara baru di Majalengka pada 2018, tepatnya bulan Agustus. Yang kemungkinan besar di Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

6. Telah laris dipasaran
Pesawat besutan BJ Habibie ini sudah mulai laku dipasaran. Tiga maskapai telah menandatangani LoI (Letter of Intent) untuk pembelian pesawat R80. Dan dua dari tiga maskapai yang sudah menandatangani Lol adalah Nam Air (Grup Sriwijaya) dan Kalstar Aviation.

Itulah 6 fakta kehebatan pesawat R80. Kita harus bangga dan salut sama BJ Habibie sobat, karena ia kembali membangkitkan semangat dirgantara penerbangan Indonesia dengan pesawat buatan anak bangsa.