Skip to main content

Cara Mengatasi Printer HP P1005 Tidak Dapat Menarik Kertas

Hai sobat freezone kembali lagi dalam artikel terbaru tentang bagaimana cara mengatasi printer HP Laserjet P1005 tidak dapat menarik kertas. Setelah sekian lama tidak update blog karena beberapa kesibukan offline, maka hari ini saya sempatkan lagi buat tips soal printer.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup dengan membersihkan bagian Pickup Roller dengan menggunakan Alhkohol dan kain halus tipis. Jika tidak memiliki alkohol kalian juga dapat menggunakan air.
Cara Mengatasi Printer HP P1005 Tidak Dapat Menarik Kertas
Letak Pickup Roller
Pickup Roller berfungsi untuk menarik kertas pada saat ngeprint, tetapi jika kondisi pickup roller ini kotor, maka kertas tidak dapat tertarik. Biasanya pickup roller ini terkena debu atau sisa bubuk tinta. Untuk membersihkan pickup roller buka Printer Door Cartridge dan Keluarkan Katrid Toner. Cari Pickup roller yang berupa karet lingkaran kecil warna Hitam, lepaskan secara perlahan, dan putar ke arah depan. Bersihkan dengan kain dan alkohol atau kain dengan air.

Setelah bersih, coba kembali untuk test print. Cara ini sudah berhasil saya terapkan di printer HP Laserjet P1005

UPDATE :
NAH BAGAIMANA JIKA PRINTER MASIH TETAP SULIT UNTUK MENARIK KERTAS??

Setelah beberapa minggu berlalu, printer kembali lagi tidak dapat menarik kertas. Karet pickup roller masih normal, tidak ada lecet yang begitu besar. Okelah mungkin karena karetnya telah aus disebabkan penggunaan yang terlalu lama, jadi walaupun dibersihkan, masih tetap saja sulit untuk menarik kertas.

Karena lagi malas mencari karet pickup roller dan lagi malas membongkar printer, akhirnya saya hanya menambahkan sedikit kertas tebal yang sudah saya potong sedimikian rupa hehe, kedalam karet pickup roller. Jadi nantinya karetnya akan terlihat tebal dari sebelumnya. Dan ternyata, cara ini yang paling ampuh, penarikan kertas pada saat memprint tidak ada hambatan, beda saat belum diselipkan kertas didalam karet picku rollernya, basa terjadi tiga kali penarikan kertas, dan bahkan gagal.

Bagi kalian yang mau mencobanya, cobala selipkan kertas didalam karet pickup roller seperti contoh dibawah ini
Cara Mengatasi Printer HP P1005 Tidak Dapat Menarik Kertas
Cungkil karet pickup roller dan masukkan potongan kertas didalamnya
Selamat mencoba sobat
Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar