Skip to main content

8 Tips dan Trik Whatsapp Yang Wajib di Ketahui

Halo Sobat FreeZone, aplikasi whatsapp sudah menjadi salah satu aplikasi yang wajib di instal di smartphone. Apa lagi anda seorang karyawan ataupun pebisnis. Semakin berkembangnya aplikasi ini membuat penggunaan sms dan telp berkurang. Komunikasi bisa lebih lancar dan cepat dengan menggunakan aplikasi ini.



Namun tahukah anda sebenarnya whatsapp memiliki beberapa fitur fitur penting yang masih banyak orang belum ketahui. Mereka hanya menggunakan whatsapp dengan pengaturan standart dan tidak menggunakan fitur-fitur ini. Padahal sebenarnya jika mereka tahu tentang fitur-fitur di whatsapp maka penggunaan whatsapp pun akan semakin mantap.

Oke smart people berikut adalah 10 tips dan trik menggunakan whatsapp

1. Keamanan (Security)

Kenapa saya menempatkan keamanan data di no 1 alasannya adalah penggunaan whatsapp bukan semata hanya mengirim dan menerima pesan biasa, tetapi bagi karyawan ataupun pebisnis banyak hal-hal yang mereka kirim menggunakan whatsapp.  Jadi keamanan data whatsapp tentu berada di urutan pertama.

Keamanan data whatsapp yang bisa kita lakukan pertama adalah mengunci aplikasi whatsapp caranya masuk ke menu setting pilih Account – privacy – dan Fingerprint lock aktifkan fitur ini untuk mengunci aplikasi anda, untuk automatically locknya setting sesuai keinginan anda tapi disini saya rekomendasikan pilihan immediately. Fitur ini akan mengunci aplikasi whatsapp anda ketika anda keluar dari whatsapp. So isi pesan whatsapp anda tidak akan bajak ataupun dilihat sama orang yang jahil terutama pacar anda heheh.

fingerprint whatsapp


2. Backup Data

Adakalanya smartphone yang kita gunakan akan rusak ataupun hilang,,ya itu tergantung dari takdir anda heheh. Dan bagaimana dengan isi pesan chat yang penting? Pasti akan hilang juga. Kita dapat membeli smartphone baru dan mengaktifkan kembali pesan whatsapp tapi itu tidak akan mengembalikan isi pesan dari hp sebelumnya. Tapi kalian jangan khawatir whatsapp memiliki fitur backup dan restore data, sehingga ini akan mempermudah anda ketika memindahkan whatsapp dari hp satu ke hp yang lain tanpa takut kehilangan data. Caranya masuk ke menu setting – chats – chat backup, aktifkan fitur backup ke google drive, tenang guys, google disini memberikan kita kapasitas penyimpanan sebesar 15GB free di google drive. Jadi jangan sungkan2 untuk membackup data whatsapp anda ke google drive. Atur settingan backup otomatis sesuai keinginan anda. Disini saya menggunakan backup daily dengan hanya membackup menggunakan jaringan wifi saja.

Backup data whatsapp


3. Read Receipts

Bisa disebut juga fitur mata-mata, kenapa? Karena dengan mengaktifkan fitur ini kita akan menjadi silent reader. Biasa sih fitur ini diaktifkan oleh orang-orang yang sibuk, mereka membaca isi pesan tapi tidak akan diketahui oleh penerima bahwa pesan mereka telah dibaca. Karena tanda read pada pesan tidak berubah menjadi biru. Selain itu anda dapat melihat semua status teman anda tanpa diketahui oleh mereka, jadi jika kalian ingin melihat status mantan anda, aktifkan dulu fitur ini supaya kalian tidak akan terlihat didaftar list orang yang melihat status, so ini membuat anda terlihat lebih cool dan lebih tegar heheh.

Menonaktifkan tanda terima pesan whatsapp


4. Pin Chat

Memiliki banyak teman dan group aktif di whatsapp kadang membuat chat pada orang tertentu yang kita anggap penting akan berada dibawah, tapi dengan fitur pin chat pada whatsapp, pesan tersebut akan selalu berada di paling atas, so ini akan memudahkan kita membaca setiap pesan yang dikirim oleh orang penting tersebut dan dengan fitur ini kita dengan mudah mengirim pesan ke orang tersebut.

pinned chat whatsapp


5. Mengatur Data and Storage usage

Di fitur ini kalian dapat menghemat penggunaan data dan menghemat penyimpanan telp anda. Sekarang whatsapp juga menjadi salah satu tempat share video sehingga ini akan membuat penyimpanan anda akan cepat full. Penyimpanan telp yang full mengakibatkan smartphone anda akan menjadi lelet. So sebelum ini terjadi ikuti cara berikut untuk menghemat data dan penyimpanan.
Masuk ke menu setting – Data and storage usage, pada pilihan media auto download, nonaktifkan fitur ini di semua pilihan, yaitu pada mobile data, on wifi dan roaming. Dengan mengaktifkan fitur ini pengiriman gambar dan video pada pesan whatsapp tidak akan otomatis terdownload dan tersimpan di smartphone anda. Anda dapat memilah mana-mana saja yang akan kalian download dan lihat. So ini akan menghemat data dan penyimpanan anda.

mengatur penyimpanan di whatsapp


6. Web whatsapp

Bagi kalin nih, yang kerjanya depan computer terus, dapat menggunakan fitur ini untuk memudahkan dalam membaca dan mengirim pesan whatsapp melalui computer. Caranya cukup mudah, aktifkan webwhatsapp pada menu setting, buka browser di computer, ketik alamat web.whatsapp.com kemudian scan barcode yang muncul di tampilan tersebut. Setelah berhasil anda dapat mengirim dan menerima pesan menggunakan whatsapp di computer.

menghubungkan whatsapp ke komputer


7. Pengaturan Status

Status-status yang kalian buat akan terbaca oleh semua teman anda di whatsapp, bahkan dengan bos anda sendiri, pacar, mantan, selingkuhan dan lainnya. Jadi bagi kalian yang ingin membuat status alay ala ala tiktok yang tidak ingin dilihat oleh bos anda. Anda dapat menggunakan fitur ini. Buka tab status, masuk ke status privacy, dan pilih diantara 3pilihan dibawah ini, jika anda tidak ingin bos anda melihat status anda, pilih my contacts except dan masukkan kontak bos anda ataupun pacar anda dalam list tersebut.

mengatur privacy status whatsapp


8. Nonaktifkan notifikasi group

Tidak bisa dipungkiri lagi, memiliki banyak group di whatsapp sangatlah tidak dapat dihindari, kadang kita merasa semua group sangatlah penting. Tetapi banyak teman yang saya temui keluar dari group dengan alasan bahwa smartphonenya selalu berbunyi dan peyimpanannya cepat full. Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk diatasi, untuk menghemat penyimpanan sudah saya sampaikan di trik no 5 mengatur data dan storage usage. Dan yang kedua menonaktifkan notifikasi group. Tidak semua pesan group harus kita baca pada saat ada yang mengirim, jadi sebaiknya pesan notifkasi group kita nonaktifkan saja, kecuali group yang kalian rasa sangat penting. Masuk ke group pilih menu setting – mute notification for – durasinya pilih sesuai keinginan anda, dan untuk menghilangkan notifikasi yang muncul hilangkan centang Show notification. Sekarang pesan dari group tersebut tidak ada nada deringnya dan notifikasinya tidak muncul.

menonaktifkan notifikasi group whatsapp


Untu lebih jelasnya kalian dapat melihat video tips dan triknya dibawah ini



Oke sobat, sekian dulu tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat
Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar