--> Skip to main content

Cara Mengunci (Protect) Sheet di Ms Excel 2016

Halo sobat Freezon, di kesempatan kali ini saya akan share bagaimana cara memprotect (mengunci) sheet di microsoft excel. Cara yang akan saya bagikan ini ada cara yaitu memprotect keseluruhan kolom dan bari (cell) yang ada pada sheet, dan mengunci hanya beberapa cell saja sehingga kolom yang lain dapat di edit.

Oke tanpa basa-basi langsung saja kita mulai cara yang pertama yaitu:

Memprotect keseluruhan cell (kolom dan baris) pada sheet 1


Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini

Cara Mengunci (Protect) Sheet di Ms Excel 2016

Pada contoh gambar diatas kita akan memprotect keseluruhan cell (kolom dan baris) pada sheet 1 sehingga ketika akan melakukan editing pada cell tersebut, akan muncul error bahwa cell ini terprotect. Caranya sebagai berikut:

1. Masuk ke Menu Review - Protect Sheet

cara mengunci file excel

2. Pada tampilan protect sheet seperti diatas, masukkan password baru untuk memprotect cell klik ok dan masukkan kembali password yang sama pada tampilan Confirm Password lalu klik ok. Selanjutnya semua cell pada sheet 1 tidak akan bisa dirubah.

Cara kedua memprotect cell tertentu pada sheet 1

Perhatikan kembali gambar pertama, disana terdapat tiga kolom yaitu kolom no, nama dan alamat. Kolom alamat yang saya tandai dengan warna kuning akan kita beri pengecualian, sehingga hanya bagian yang berwarna kuning saja yang dapat di edit. Caranya :

Sebelum kita melakukan protect sheet, blok bagian yang akan di kecualikan (pada contoh diatas saya memblok bagian yang berwarna kuning) masuk ke menu review dan pilih Allow Edit Range

mengunci kolom pada excel

Pada gambar diatas, klik New, sehingga muncul tampilan new range seperti gambar dibawah ini

mengunci baris pada excel
Isi dari Refers to cells adalah bagian yang kita blok tadi (bagian yang berwarna kuning). Kemudian klik ok, setelah itu baru kita protect cell yang lain dengan menggunakan cara pertama yaitu masuk ke menu Review - Protetc Sheet. 

kunci sheet excel menggunakan password

Dan hasilnya hanya pada bagian yang berwarna kuning saja yang bisa di edit, sedangkan cell lain tidak dapat kita edit.

Itulah cara mengunci cell ataupun sheet di ms excel, cara ini dapat digunakan pada ms excel 2003, excel 2007 dan seterusnya. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar