--> Skip to main content

Cara Upgrade Firmware Access Point Unifi Via SSH

Salah satu kendala ketika kita menambahkan access point unifi baru pada jaringan network kita adalah tidak bisa di adopt dan diupgrade. Hal ini yang beberapa kali telah saya alami. Penyebab masalah ini adalah versi controller unifi tidak support dengan versi firmware ap unifi yang ingin ditambahkan. Karena biasanya ap baru masih menggunakan tipe firmware yang belum diupdate. Sehinggal cara agar ap unifi bisa di adopt oleh controller yaitu dengan update manual firmware access point unifi tanpa melalui controller.

Cara Upgrade Firmware Access Point Unifi Melalui SSH

Sebelum kita melakukan update firmware unifi, kita harus mempersiapkan data-data berikut:

1. Download file bin firmware terbaru access point unifi klik disini
2. Download aplikasi putty klik disini
3. Download aplikasi WinSCP klik disini

Setelah mendownload firmware terbaru access point unifi, rename namanya menjadi fwupdate.bin, kemudian buka aplikasi WinSCP. Pada tampilan Session File protocol ubah menjadi SCP, hostname alamat ip access point unifi (alamat ip ini bisa dilihat di menu device pada controller unifi), port number  22, Username : ubnt, password : ubnt dan klik login.

Cara Upgrade Firmware Access Point Unifi Via SSH

Setelah berhasil login ubah folder ap unifi ke folder root. Seperti contoh dibawah ini 

update firmware unifi

Dalam folder root terdapat folder tmp buka folder tersebut dan kita pindah ke kolom sebelah kiri. Pada kolom sebelah kiri kita cari tempat dimana kita menyimpan file firmware yang telah di download. Contoh dibawah ini saya menyimpan file bin pada drive F dalam folder unifi. Drag file tersebut ke sebelah kanan dalam folder tmp. Tunggu hingga proses copy selesai.

cara update firmware unifi ac lite

Setelah proses copy selesai, pastikan file firmware sudah berada dalam folder tmp. Selanjutnya kita bukan aplikasi PuTTY.

Buka aplikasi PuTTY,  masukkan ip address access point di Host name (or IP Address), port tetap 22, kemudian klik open.

cara update firmware unifi ac lite via ssh

Setelah klik Open, maka tampilan PuTTY akan berubah seperti tampilan CMD. akan muncul tampilan Login. Untuk Login as : "ubnt" dan password juga "ubnt".

cara upgrade firmware ap unifi

Setelah berhasil login maka ketikan command berikut untuk mulai proses upgrade firmware :

syswrapper.sh upgrade2 &

cara upgrade firmware ap unifi melalui putty

Kemudian tekan Enter. Akan muncul Pop Up yang menginformasikan bahwa aplikasi PuTTY telah terputus dengan access point. Ini terjadi karena proses upgrade sedang berlangsung.
Perhatikan lampu access point unifi akan berkedap kedip selama proses update. Jika lampu access point unifi sudah tidak berdedip, coba lakukan deteksi device melalui controller.

Jika device sudah muncul di controller, sekarang tinggal klik adopt untuk menambahkan access point baru kedalam controller.

Demikian cara update firmware access point unifi melalui ssh, semoga bermanfaat.
Baca Juga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar