fbpx

Management Bandwidth Hotspot Mikrotik Simple Queue

Management Bandwidth Hotspot Mikrotik Simple Queue. Halo sobat freezone, diartikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara saya memanagement bandwidth hotspot dengan menggunakan simple queue.

Sebelum menggunakan simple queue saya hanya membatasi upload dan download user hotspot 3Mb tanpa menggunakan simple queue ataupun queue tree. Namun menurut saya cara ini masih kurang srek, karena ketika hanya sedikit user yang login, user tetap hanya akan dapat jatah 3Mb bagaimanapun kondisinya.

Setelah mempelajari simple queue untuk mikrotik hotspot, saya coba terapkan dan hasilnya menurut saya cukup ok sih, karena bandwidth dapat terpakai dengan maximal.

Berikut settingan saya menggunakan simple queue user hotspot mikrotik.

1. Pertama tama kita buat settingan simple queue untuk hotspot seperti contoh dibawah ini, berikan nama total bandwidth hotspot, target ether yang menuju ke hotspot dan target upload download masukkan nilai sesuai dengan besar bandwidth isp anda.

Management Bandwidth Hotspot Mikrotik Simple Queue

2. Masuk ke User Hotspot profil di tab general rate limit saya masukkan nilai seperti gambar dibawah ini. Untuk pembacaan rate limit kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Management Bandwidth Hotspot Mikrotik Simple Queue Hotspot User Profil

3. Pada tab Queue settingannya seperti di bawah ini, parent queue nya saya masukkan Total Bandwidth hotspot dan typenya default small.

queue simple hotspot profil

4. Untuk hasilnya ketika user login akan terlihat seperti dibawah ini:

simple queue hotspot mikrotik

Hasil dari settingan ini yaitu ketika user yang akan mendapatkan jatah sebesar 3Mb, dalam 6 detik pertama ia dapat mendapatkan jatah sebesar 10Mb, jika melewati 6 detik dan user tersebut masih membutuhkan bandwidth besar, maka ia akan di limit sebesar 5Mb. Dengan adanya total bandwidth hotspot sebesar 40Mb, maka pembagian bandwidth kepada user hotspot lebih merata.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

setting parent mikrotik hotspot